Platform Perbankan Hasilkan 70% Kegagalan Transformasi Digital di APAC
Back Base--
“Lebih dari 150 bank modern dan berwawasan ke depan telah mengadopsi dan membangun Platform Engagement Banking Backbase untuk mempercepat visi masuk ke pasar mereka dan memprioritaskan keterlibatan dan pengalaman pelanggan digital yang inovatif dan berbeda. Di APAC, Anda melihat bank-bank besar hingga menengah seperti Techcombank, BDO, HDFC, ABBANK, OCB, dan banyak lagi yang sudah ikut serta dalam Engagement Banking Platform”, kata Riddhi Dutta, Regional Vice President, Asia of Backbase .
“ Platform sejati hadir dengan semua persyaratan kebersihan mulai dari kesesuaian pasar, hingga keamanan dan kepatuhan terhadap peraturan, hingga serbaguna dan dapat disesuaikan untuk mendukung kebutuhan unik nasabah setiap bank. Platform ini merupakan struktur yang dapat disusun yang menyediakan modularitas dan data serta perjalanan yang dapat digunakan kembali bagi bank untuk membantu bank menghadapi masa depan dalam skala besar,” jelas Dutta lebih lanjut.
Pergeseran Pola Pikir: Merangkul "Adopsi dan Bangun" untuk Percepatan Pertumbuhan
Analisa dalam IDC InfoBrief menemukan bahwa pendekatan “Adopsi dan Bangun” merupakan solusi pragmatis bagi bank untuk mempercepat upaya masuk ke pasar mereka, dengan membedakan hal-hal yang penting dibandingkan menciptakan kembali roda dengan membangun dari awal. Dengan mengadopsi platform kolaboratif dan mengembangkannya, bank dapat mencapai waktu pemasaran 40% lebih cepat, dimana platform perbankan keterlibatan digital dapat diluncurkan dalam waktu 11 bulan, dibandingkan dengan 20 bulan tradisional dengan pendekatan “build” penuh. Selain itu, “Adopsi dan Bangun" telah terbukti 2,3 kali lebih hemat biaya dibandingkan opsi "bangun" tradisional yang dilakukan sendiri.
Dari enam metrik utama—kesesuaian dan diferensiasi pasar, risiko warisan, risiko pengembangan, waktu pemasaran, modernisasi keahlian TI dan talenta, serta kepatuhan terhadap peraturan, pendekatan “Adopsi dan Bangun” mendapat peringkat tertinggi dan telah menunjukkan keunggulan nyata dibandingkan dengan pendekatan “Adopsi dan Bangun”. Pendekatan “Bangun” dan “Beli”.
InfoBrief IDC ini adalah yang pertama dari dua panduan konsultatif yang ditugaskan oleh Backbase untuk memberikan panduan pragmatis bagi bank untuk mengevaluasi strategi platform yang lebih efektif yang dapat mendorong percepatan dan diferensiasi keterlibatan pelanggan digital.
Sumber: