Platform Perbankan Hasilkan 70% Kegagalan Transformasi Digital di APAC

 Platform Perbankan Hasilkan 70% Kegagalan Transformasi Digital di APAC

Back Base--

 

 

 

SINGAPURA - Radar Seluma.Disway.Id,  - Backbase, pionir global Engagement Banking, hari ini mengumumkan peluncuran InfoBrief IDC yang berfokus pada APAC, " Mempercepat Transformasi Berpusat pada Pelanggan dengan Menyeimbangkan Pembangunan dan Pembelian - Pendekatan Kolaboratif Menuju Arsitektur Perbankan Digital Berkelanjutan ." Laporan mendalam ini mengambil wawasan dari 125 bank dan 316 CIO di APAC, yang menawarkan perspektif regional mengenai transformasi Digital. InfoBrief IDC menantang pendekatan standar yang sudah lama ada dalam membangun solusi in-house untuk platform perbankan keterlibatan Digital, dan menemukan bahwa 65% bank skala menengah hingga besar di APAC telah memilih untuk membangun platform perbankan keterlibatan mereka sendiri untuk mencapai transformasi Digital Namun, 70% dari proyek tersebut gagal karena upaya internal yang memakan waktu dan memakan waktu lama.

 

Dari InfoBrief IDC, secara mengejutkan, 80% platform keterlibatan digital yang dibangun sendiri dengan anggaran lebih dari USD10 juta menghadapi kinerja buruk dan belum menghasilkan ROE yang diinginkan dalam inisiatif digital mereka.

 

“Membangun bank secara in-house telah menjadi strategi de facto yang dilakukan oleh bank, namun hal ini tidak lagi memungkinkan untuk dilakukan dengan kecepatan dan skala yang diperlukan agar dapat bersaing. Kompleksitas yang timbul dari banyaknya lapisan data, saluran, fitur, integrasi hulu dan hilir yang diperlukan untuk mendukung sistem lama dan modern untuk dikelola dan diatur secara canggih adalah penyebab implementasi internal menjadi berantakan,” kata Ashish Kakar, Direktur Riset, Wawasan Keuangan, IDC Asia/Pasifik .

 

Kekurangan dalam Pengalaman Digital

 

Meskipun telah memulai transformasi digital sejak tahun 2000an, banyak bank di APAC masih berada pada tahap awal, gagal memanfaatkan sepenuhnya manfaatnya dan memberikan keterlibatan nasabah digital yang menarik.

 

InfoBrief IDC menyoroti kesenjangan penting antara bank dan nasabahnya, di mana sebagian besar produk dan penawaran perbankan dianggap “saya juga” dan terbatas. Pelanggan menghadapi tantangan dalam mengakses berbagai layanan melalui antarmuka yang berbeda, tidak memiliki pandangan terpadu mengenai portofolio mereka, dan menjalani proses orientasi yang panjang. Permintaan akan persetujuan instan dan proses digital yang disederhanakan masih belum terpenuhi, sementara pengalaman yang dipersonalisasi, segmentasi, dan promosi yang relevan berdasarkan gaya hidup, momen kehidupan, dan tujuan pelanggan masih belum terpenuhi. Selain itu, operasional backend mengalami kesulitan karena kurangnya bantuan cerdas di pusat kontak, sehingga pelanggan mengulangi informasi ke petugas layanan yang berbeda karena tidak adanya pandangan pelanggan terpadu 360 derajat. Hal ini disebabkan oleh bank yang berfokus pada sumber daya dalam jumlah besar untuk membentuk platform perbankan dibandingkan memprioritaskan penciptaan perjalanan dan pengalaman nasabah hulu yang berbeda.

Sumber: