Pantangan Suku Dayak yang Kamu Wajib Tau, Apa Saja? Yuk Ikuti

Pantangan Suku Dayak yang Kamu Wajib Tau, Apa Saja? Yuk Ikuti

--

 

Radar Seluma. Disway.id - Suku Dayak merupakan yang terdapat di Propinsi  Kalimantan yang sangat dikenal bahkan hingga Manca Negara dan merupakan salah satu Suku yang dikenal dengan adat istiadat dan kebudayaannya yang masih lestari serta tetap terjaga dengan baik dan setiap tamu yang datang seperti pejabat baik pejabat daerah maupun pejabat dari pusat dipastikan akan di sambut dengan tarian Suku Dayak.

BACA JUGA:Awal September, Samsul Azwajar Diagendakan Dilantik! Waka II DPRD Seluma

Tetapi jika ingin berkunjung ke wilayah Suku Dayak di pedalaman, kamu harus tau terlebih dahulu ada beberapa pantangan yang harus diperhatikan dan diketahui dan wajib di taati.

Apa saja pantangan dari suku Dayak yang masih di percaya dan di yakini oleh masyarakat suku Dayak hingga saat ini ada tiga pantangan wajib di taati apa saja yuk ikuti:

 

Pertama Dilarang Berteriak

 

Dalam tradisi suku Dayak jika berteriak maka itu merupakan sebuah pertanda ada suatu musibah yang terjadi seperti terjadi musibah banjir, kebakaran atau orang hilang serta hal-,hal yang terjadi seketika yang mengejut sebagai pertanda pemberitahuan dan peringatan kepada masyarakat untuk waspada dan hati-hati.

Maka dalam suku Dayak di larang dan pantangan bagi suku Dayak jadi bila kamu berkunjung ke Suku pedalaman Dayak wajib untuk tau.

Berteriak boleh dilakukan untuk saat-saat tertentu seperti menghadiri pertandingan bola dengan tujuan meramaikan.

Tetapi kalau berteriak histeris, terlebih saat berada di hutan maka bisa didatangi oleh penunggu hutan.

 

Kedua Dilarang Bakar Ikan Asin dan Terasi

Sumber: