Ternyata... Portal Keramat Menuju Majapahit di Desa Boyolali Masih Berdiri Tegak Benarkah?

 Ternyata... Portal Keramat Menuju Majapahit di Desa Boyolali Masih Berdiri Tegak    Benarkah?

Gerbang menuju pantai laut selatan--

 

 

Radar Seluma.Disway.id - Kabupaten Boyolali memiliki banyak peninggalan peradaban masa lalu. Diantaranya peninggalan kerajaaan Jamapahit.

Akan kita temukan di kaki gunung Merbabu,  beberapa candi peninggalan sejarah. Salah satu candi yang dikenal di sini  candi Lawang.  candi Lawang bukan merupakan candi masa kerajaan Majapahit, ternyata pada masa Kerajaan Medang. Namun ada juga candi dari Kerajaan Majapahit.

 

BACA JUGA: Jangankan ASN, PPPK Saja Sudah Bisa Ajukan KUR. Nih Syaratnya

 

Ada mitos yang berkembang di masyakat setempat, bahwa candi ini menghubungkan dengan candi  kerajaan Majapahit masa lalu. Candi Lawang sendiri berada di desa Dangean, Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Sebenarnya Candi ini, memiliki ukuran yang agak besar, namun sayangnya, Candi Lawang hanya tinggal reruntuhan saja. Candi Lawang sendiri dalam bahasa Indonesia berarti Candi Pintu. Artinya Pintu menuju ke kerajaan majapahit.

Saat ini Candi Lawang hanya tersisa kaki candi dan juga pintu tunggal yang masih berdiri kokoh.

 

Hal tersebut bisa jadi asal mula penamaan candi Lawang, karena bagian badannya sudah runtuh tapi pintunya masih tegak kokoh.

Pondasi Candi Lawang cukup tinggi, terdiri dari dua tingkat yang diatasnya berdiri kaki candi, pelipit lingkaran, dan patma khas bunga teratai.

Selain itu masih terdapat Yoni di bagian atas lantai candi.

Sumber: