Mengenal Suku Dani Diami Papua Sejak Ratusan Tahun Lalu.....

Mengenal Suku Dani Diami Papua Sejak Ratusan Tahun Lalu.....

--

 

 

Suku Dani adalah Suku Hubula merupakan sekelompok Suku yang mendiami wilayah Lembah Baliem di Pegunungan Tengah, Papua Pegunungan, Indonesia. Suku ini merupakan Suku Asli Papua yang telah mendiami Tanah Papua sejak ratusan tahun yang lalu.

 

Suku ini diketahui tinggal di pedalaman wilayah pegunungan dan lembah Papua. 

 

Mereka memiliki ciri khas yang sangat dikagumi dunia. Mereka memiliki tradisi perang yang kini dijadikan festival budaya dengan nama Festival Lembah Baliem.

 

suku Dani juga menanam umbi-umbian lainnya di ladang. Sebagian lainnya juga menanam sayur-sayuran, seperti sawi, kol, jeruk, dan buah merah. Selain dikonsumsi sendiri, beberapa penduduk juga menjual hasil pertanian ke kota setelah dipanen.

 

Suku Dani menjadi salah satu suku paling populer di Papua. Suku yang mendiami daerah pegunungan, juga menjadi suku terbesar di sana. Keunikan Suku Dani adalah mereka masih mendiami rumah-rumah adat yang diberi nama Honai. Dikenal akan keunikannya, yaitu masyarakatnya yang tinggal di sebuah rumah-rumah pohon.

 

Sebagian besar suku Dani memeluk agama Kristen Protestan, namun tidak bisa lepas dari adat istiadatnya sebagai penganut kepercayaan roh-roh orang yang sudah meninggal,

masyarakat Suku Dani merupakan mata pencaharian utama yang bersifat subsistem yaitu untuk memenuhi kebutuhan sendiri, dengan tanaman petatas (hipere) sebagai tanaman utamanya.(ndo)

Sumber: