Puluhan Ha Sawah di Seluma, Diserang Hama Wereng

 Puluhan Ha Sawah di Seluma, Diserang Hama Wereng

Padi sawah petani yang mulai siap dipanen--

 

GIRI GANTI, Radar Seluma.Disway.Id,  - Puluhan hektar lahan persawahan milik masyarakat Desa Giri Nanto, Kecamatan Ulu Talo diserang hama wereng dan tikus. Ini membuat tanaman padi yang sudah ditanam menjadi kuning dan mati. Akibatnyapetani di daerah ini mengalami kerugian karena hasil panen tidak stabil.

 

Wasim warga setempat dikonfirmasi Radar Seluma kemarin (29/6) mengatakan jika hasil normal tanaman padi mereka dalam 1 hektar mendapat 100 karung gabah. Namun jika seperti saat ini, karena diserang hama wereng dan tikus sehingga hasil panen padi para petani mengalami penurunan. Dalam satu hektar hanya bisa   mendapat 70 karung terkadang tidak sampai. 

 

BACA JUGA: Ada 6 Kades Terpaksa Memberi, ASN dan Bacaleg yang jadi Tersangka

 

Masyarakat setempat mengharapkan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Seluma maupun petugas penyuluhan di lapangan untuk dapat mencari solusi  mencegah hama wereng serta tikus agar produksi padi lebih stabil. ''Jelas bulan ini banyak lahan padi warga terserang dan padi sudah mati sehingga hasil juga mengalami kekurangan. Memang yang membuat kami resah pada saat ini hama wereng,''ujarnya. 

 

Dengan kondisi ini, dia berharap petugas Dinas Pertanian dapat memberi solusi kepada para petani agar tidak mengalami kerugian dan bisa mendapat hasil yang maksimal.(apr) 

 

BACA JUGA:Ponpes Al Kafiyah, Bayar Mahar Penghapusan Dosa Rp30 juta Diperbolehkan Tidur dengan Wanita Bukan Muhrim

Sumber: