Harga Sapi Seluma, Sama dengan Sapi Lampung

Harga Sapi Seluma,  Sama dengan Sapi Lampung

--

 

 

Radar Seluma.Disway.Id,  Ternyata patokan harga sapi di Kabupaten Seluma sama dengan patokan harga sapi di Provinsi Lmpung. Hal ini dikarenakan penentuan harga sapi di Seluma sesuai dengan patokan dari barang cek (BC) yang dikeluarkan oleh laboratorium herwan di lampung dan diperbandingkan dengan harga daging di pasar. Jadi harga dagingbdi pasar di Provinsi Bengkulu tidak jauh bwda dan bahkn kadang kadng sama dengan harga daging dipasar lampung.

 

Penentuan harga sapi berpatokan dengan rumusan dan harga daging di pasar. Patokan tersebut setiap provinsi tidaklah sama. Jika di NTT harga sapi mutlak ditentukan berat total dari sapi yang akan dijual, namun peternak Bengkulu khususnya di Kabupaten Seluma tidak bisa memberlakukan seluruh jenis sapi dan berat total sapi.

BACA JUGA: Hujan, Petani Sawah Seluma Sumringah. Ini Yang Dilakukan

 

Peternak di seluma hanya memberlakukan rumusan patokan harga sapi dari BC untuk sapi bwsar dengan ukuran bobot 500 Kg/ekor ke atas, kalau dibawah itu rumusannya tidak diberlakukan karena petani akan merugi. Patokan harga sapi jenis metal, brahma, lemosin dengan berat diatas 500 Kg/ekor senilai atau dihitung dengan harga berkisar Rp55 ribu/Kg - Rp70 ribu/ Kg karena harus menyesuaikan lagi dengan harga daging di pasar lokal.

 

 

Sapi besar yang berbobot 400-500 Kg/ ekor harga satuan perKgnya lebih rendah antara Rp40-45 ribu/ Kg.

Daging untuk satu ekor sapi hanya sepertiga dari berat total. Jika berat sapi besar seberat 1.050.000 Kg, maka harga menurut BC adalah 1.050.000x55.000 = Rp57.750.000. Akan tetapi jika untuk kurban harga perKgnya bisa mencapak antara 70-90 ribu/ Kg.

 

Patokan harga sapi ini hanya berlaku untuk sapi potong, sedangkan harga sapi untuk kurban jauh lebih tinggi karena banyak faktor yang menentukan. Kebanyakan peternak meletakkan atau membadrol sapinya berpatokan dengan taksiran atau perkiraan berat daging dari sapi tersebut kemudian diperbandingkan dengan berat totalnya dan harga pasar.

Sumber: