Abu Nawas, Senang Pergi ke Dewan Sains Menghafal Al Quran

Abu Nawas, Senang Pergi ke Dewan Sains Menghafal Al Quran

Sosok abu Nawas --

 

INDONESIA Radar Seluma, Disway, Id - Abu Nawas Al-hasan ibn Hani Al-hakami cukup di kenal sebagai Abu Nawas, merupakan seorang penyair tersohor Arab klasik. Dia dikenal sebagai master dari semua genre puisi Arab kontemporer. 

 

 

Namun, tradisi cerita rakyat ternyata juga dia rambah, seperti yang muncul beberapa kali dalam Seribu Satu Malam. Lelaki ini sebagian besar hidupnya dihabiskan di Irak, serta kecintaannya yang kuat pada anggur. 

 

 

Julukan “penyair anggur,” diberikan untuk penyair juga dianggap paling terkenal di era Abbasiyah ini menawarkan pembaruan dan keragaman subyek. Banyak yang menggambarkan alkohol, serta mencerminkan kehidupan, keyakinan, dan kecintaannya.

 

BACA JUGA:Abu Nawas, Anak Seorang Prajurit Suriah

Meninggal selama perang saudara sebelum al-Ma'mun maju dari Khur? baik pada 814-816 M. Ayah Abu Nawas, Hani, adalah seorang Arab, keturunan dari suku Jizani Banu Hakam, seorang prajurit dalam pasukan Marwan II. Abu Nawas dilaporkan tidak pernah mengenalnya langsung.

 

 

Sementara ibunya seorang Persia, bernama Jullaban, bekerja sebagai penenun. Biografi berbeda mengenai tanggal lahir Abu Nawas, berkisar antara 747-762 M. sumber menyebutkan ia lahir di Basra. Ibunya mengirimnya ke Attar untuk bekerja ajira. Akan tetapi Attar membesarkan dan merawatnya.

Sumber: