KEMARAU : Ini Bisnis yang Menjanjikan di Seluma

KEMARAU : Ini Bisnis yang Menjanjikan di Seluma

--

 
 
 
SELUMA - Dipergantian musim kemarau yang saat ini terjadi di wilayah Kabupaten Seluma. Menjadi berkah tersendiri, bagi para pelaku usaha penyedia jasa angkutan air yang ada di wilayah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.
 
Selain masyarakat pada saat ini mulai memanfaatkan air bendungan, untuk mencuci pakaian maupun mandi di setiap pagi dan sore hari. Lantaran pada saat ini sebagian besar masyarakat Kabupaten Seluma, mulai kesulitan memperoleh air bersih untuk keperluan mandi, mencuci dan keperluan lainnya. Dimanfaatkan oleh para pelaku usaha penyedia jasa angkutan air di wilayah Kabupaten Seluma yang pada saat ini mulai bermunculan.
 
Seperti Nusman (50) warga Kelurahan Talang Saling, Kecamatan Seluma yang kembali beralih profesi dadakan seperti yang sempat dilakukannya pada tahun 2019 yang lalu. Ketika masyarakat Ibukota Tais mengalami krisis air (Kekeringan) sumber mata airnya. Dimanfaatkannya sebagai usaha pencariannya. Dengan mulai berkeliling mengantar air pesanan ke sejumlah instasi pemerintah, maupun ke rumah-rumah warga.
 
"Sesuai dengan pesanan. Kalau ada yang mau memesan air kita antar," sampainya.
 
Sumber air bersih yang diantarnya kepada masyarakat (Pemesan). Digunakan hanya untuk keperluan mandi dan mencuci. Bukan air untuk dikonsumsi. Hal tersebut dikarenakan kondisi air yang dijualnya merupakan air yang bersumber dari air irigasi Bendung Air Seluma.
 
"Untuk satu tong ini isinya sekitar 1 ton atau 1.000 liter. Biasanya kita jual sampai ke tempat pemesan antara Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu. Ya kita lihat tergantung jaraknya," ujarnya.
 
Untuk penjualan air bersih setiap harinya. Dirinya bisa menghabiskan atau mengantarkan air kepara pemesan sampai 10 hingga 15 orang yang memesan air bersih kepadanya.
 
Usaha ini mulai digelutinya sejak banyaknya orderan dari sejumlah instansi pemerintahan atau masyarakat yang peminatnya mulai meningkat sejak 2 pekan terakhir ini. Hal tersebut diakibatkan kondisi air sumur masyarakat yang saat ini sudah banyak yang mengalami kekeringan.
 
Walaupun diketahui, jika Kabupaten Seluma sejatinya memiliki Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Seluma Berkah. Namun sangat disayangkan, jika kondisi PDAM pada saat ini telah kolep dan tidak dioptimalkan kembali. Hal tersebut di karenakan keterbatasan anggaran daerah dan SDM yang mumpuni dalam pengelolaannya.(ctr)

Sumber: