Daftar Harga Kabau, Kelapa, Petai,dan Jengkol...Simak

Daftar Harga Kabau, Kelapa, Petai,dan Jengkol...Simak

Harga petai,jengkol dan kabau--

SELUMA - Walau harga Tandan Buah Sawit (TBS) memang alami penurunan tapi tidak dengan harga buah kelapa, Jengkol,Petai dan Kabau.

 

Saat ini buah kelapa dihargai perbuah dari Rp 3000 - Rp 4000 per buahnya, sedangkan Kabau perkilonya saat ini Rp 30 ribu, Sedangkan Jengkol saat ini Rp 36000-Rp 40000/kgnya.

 

Data ini didapat dari harga penjual di Pasar Sembayat, Minggu (21/5).

Dikatakan salah seorang penjual Kabau, Kartika bahwa untuk harga yang ada saat ini sudah alami penurunan sebelumnya kabau mencapai Rp 40 ribu.

 

" Saya menjual Petai, Kabau, dan Jengkol untuk jenis ini adalah tanaman musiman, menjual bahan sayur ini tidak serta merta selalu ada, karena ada musim tanaman ini berbuah. Tapi kebetulan tahun ini jengkol,petai,kabau dan durian sebagian sudah musim diwaktu bersamaan" kata Kartika.

 

Beralih ke penjual buah Kelapa, saat dipasar berjumpa dengan Mizwar (49) dikatakannya harga Kelapa yang ia jual tergantung dengan besar buahnya. Kalau buah yang besar dihargai Rp 4000-Rp 5000, sedangkan untuk harga yang kecil berbeda lagi.

 

" Pembeli kadang ada yang membeli santannya, tapi kalau hari ini (red) banyak yang beli perbuah, untuk harga itu tadi tergantung besar buah kelapanya. Alhamdulillah hari ini saya bawa 3 karung dan sudah mau 2 karung habis, dalam satu karung berisi 16 buah" ungkap Mizwar.

 

Untuk kelapa memang sering dikonsum si masyarakat, kalau seperti kabau, Petai dan jengkol bulan sebagai bahan makanan konsumsi utama, ada orang tertentu saja yang membeli dan setiap musim tiba ketiga bahan sayur tersebut pasti diburu oleh masyarakat. (ndo)

Sumber: