Tunjangan TPG di Seluma Disalurkan, Guru Sumringah

Tunjangan TPG di Seluma Disalurkan, Guru Sumringah

Kantor Dinas Pendidikan Seluma--

 

 
PEMATANG AUR - Surat Keputusan Ditjen Kementerian Pendidikan dan Kebuayaan (Kemendikbud) terkait dengan penyaluran Tunjangan Profesi Guru (TPG) sudah ada.
 
Untuk sertifikasi saat ini sedang dalam proses pengajuan. Kemudian dana untuk pembayaran TPG saat ini sudah tersedia di Kas Daerah (Kasda) senilai Rp15 miliar.
 
 
"SK dari Ditjen sudah ada. Lebih kurang ada 940 an guru yang menerima TPG triwulan pertama ini. Sekarang sedang dalam proses pengajuan," kata Sigit Budiyanto Bendahara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma, kemarin (27/4).
 
 
Jika tidak ada halangan maka diperkirakan bulan depan TPG Triwulan I akan segera mulai disalurkan ke rekening masing-masing guru.
 
 
"Untuk total anggaram TPG triwulan I itu senilai Rp11 miliar. Jika dibandingkan dengan ketersediaan anggaran di Kasda maka lebih besar. Namun biasanya ini untuk SK susulan dari Ditjen karena biasanya ada SK susulan juga. Kalau tidak ada halangan bulan depan sudah mulai penyaluran TPG triwulan kesatu," sambungnya. 
 
 
Seperti yang dikabarkan sebelumnya bahwa TPG triwulan kesatu belum cair sebelum lebaran.
 
Hal itu karena memang seluruh kebijakan tentang sertifikasi ini muaranya di pemerintah pusat.
 
Namun sekarang SK-nya sudah ditandatangani sehingga seluruh guru tidak perlu khawatir lagi dalam waktu dekat sertifikasi akan segera cair. 
 
 
Seperti yang diketahui total anggaran untuk membayar tunjangan sertifikasi guru triwulan 4 tahun 2022 mencapai Rp12,7 miliar. Tahun lalu ada empat triwulan pencairan sertifikasi. 
 
 
Untuk guru yang tidak mendapatkan sertifikasi, pemerintah daerah juga sudah menyiapkan tunjangan tambahan penghasilan (Tamsil).
 
"Kalau untuk Tamsil sudah cair sebelum lebaran karena itu sepenuhnya di pemerintah daerah," tutupnya.(adt)
 
 
 

Sumber: