SEVIMA dan LLDIKTI Sumut Rumuskan 2 Strategi, Pecahkan Masalah Administrasi Kampus

  SEVIMA dan LLDIKTI Sumut Rumuskan 2 Strategi, Pecahkan Masalah Administrasi Kampus

Digitalisasi kampus oleh Sevima--

 

 

Radar Seluma Online,  - Indonesia memiliki 4.500 kampus negeri dan swasta dengan sistem pengelolaan yang berbeda-beda. Sayangnya masih banyak pengelolaan kampus tersebut yang belum sesuai standar, bahkan masih berbasis kertas dan belum digital.

 

 

Hal ini diungkapkan oleh Prof. Saiful Anwar Matondang, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara (LLDIKTI Sumut), dalam Seminar dan Konferensi Pers Digitalisasi Kampus dengan SEVIMA Platform pada Senin (17/04). Ia mencontohkan kasus yang pernah terjadi di Sumatera Utara, yaitu ada kampus yang bermasalah akreditasinya karena berkasnya belum digital.

 

BACA JUGA:Memaknai Ayat-Ayat Puasa Ramadhan

 

 

"Dalam proses akreditasi dan penjaminan mutu, ada proses asesmen lapangan dimana data dicocokkan dengan aturan pemerintah. Sayangnya masih banyak dokumen yang diprint saat penilaian, masih kertas, bertumpuk-tumpuk, tidak ada format baku, dan asesor menolak dokumen tersebut dengan alasan tidak terdata di sistem. Itu menyebabkan sulit sekali kampus menjadi unggul!," ungkap Prof. Saiful menyatakan keprihatinannya.

 

 

Untuk mengatasi tantangan dalam meningkatkan mutu kampus, LLDIKTI Sumut sebagai satuan kerja di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, bersama SEVIMA sebagai Perusahaan Education Technology, menandatangani perjanjian kerjasama dalam rangka digitalisasi kampus

Sumber: