2024, Dak Bidang Pendidikan Rp100 M

2024, Dak Bidang Pendidikan  Rp100 M

--

BENGKULU SELATAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bengkulu Selatan (BS), tahun 2024 menargetkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang fisik pendidikan bersumber dari Kemendikbud Ristek RI mencapai Rp100 miliar. Setelah tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) BS melakukan rangkaian survei dan penyusunan perencanaan pembangunan serta rehab gedung sekolah secara menyeluruh.

Kepala Disdikbud BS Novianto, S.Sos, M.Si menyebut saat ini pihaknya masih melakukan persiapan untuk input proposal pengajuan dana ke pusat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang fisik pendidikan bersumber dari Kemendikbud Ristek RI mencapai Rp 100 Miliar.

Jika tidak ada kendala, pada awal semester pertama tahun akademik 2023/2024 mendatang usulan tersebut sudah diterima Kemendikbud Ristek.

 

"Kami targetkan tembus Rp 100 miliar DAK tahun depan. Mengingat banyak item penting dan terlebih lingkup pendidikan butuh rehab,ucap Novianto.

Diakui Novianto, keseluruhan anggaran DAK Rp 100 miliar pendidikan akan direalisasikan sepenuhnya untuk merehab gedung utama sekolah. Mulai dari ruang belajar, ruang guru, perpustakaan hingga fasilitas sanitasi

"Setidaknya 70 paket rehab gedung yang akan direalisasikan. Makanya sekarang setiap sekolah untuk merinci input data kerusakan bangunan di akun dapodik,"pesan Novianto. 

Sementara untuk alokasi DAK tahun ini.

Novianto mengaku masih tahap persiapan menunggu pencairan anggaran yang dilakukan oleh Kemendikbud Ristek RI.

"Untuk proses dan syarat realisasi DAK sudah selesai tahun ini. Sekarang tinggal menunggu pengerjaan. Mudah-mudahan tercapai tepat waktu,"demikian Novianto.(yes)

Sumber: