Mengenal Minuman Kopi Asli Seluma

Mengenal Minuman Kopi Asli Seluma

--

SUKARAJA - Kopi asli dengan kualitas murni dari perkebunan petani Kabupaten Seluma, menjadikan Kopi DUSUN sebagai produk asli Kopi asal Seluma yang telah tersebar diberbagai daerah di Indonesia.

 

Pusat produksi Kopi DUSUN berada di Talang Benuang, jadi untuk Bosku pemilik Toko dan Warung yang ada di area Talang Benuang, Kecamatan Sukaraja bisa langsung hubungi untuk isi stok Kopi Dusun, Langsung di antar saat itu juga.

Atau juga kalau mau langsung datang ke tempat produksi Kopi Dusun sangat di persilahkan sekaligus untuk melihat bagaimana pengolahan biji Kopi menjadi bubuk Kopi yang nikmat.

David yang merupakan pemilik usaha Kopi Dusun mengatakan Kopi Dusun terbuat dari biji Kopi pilihan asli dari perkebunan Kopi di Kabupaten Seluma dan diolah secara tradisional dan menggunakan tenaga kerja lokal, Sabtu (11 /3).

 

 " murni tanpa campuran bahan tambahan, serta diolah secara tradisional dengan jenis Kopi Robusta. Kami mengelola biji Kopi varietas Robusta menjadi Kopi bubuk yang kualitasnya tak kalah dari Kopi pada umumnya. Pengolahan biji Kopi kami berada di Desa Talang Benuang, Kecamatan Sukaraja, per hari kami hasilkan 150 - 200 kg/hari" kata David.

 

Usaha yang dimulai dari 15 Agustus 2022 silam saat ini sudah memiliki kemasan tersendiri, untuk pemasaran sendiri Kopi Dusun dipasarkan melalui offline, online serta berjualan ke warung dan toko di Kabupaten Seluma dan luar daerah menggunakan mobil.

 

" Harga kemasanpun bervariasi dari Rp 5 ribu - Rp 60 ribu. Saat ini kita sudah memiliki kemasan sendiri, untuk packing pun saya turun langsung membantu karyawan langsung. Saya pastikan Kopi yang kami jual memiliki mutu terjamin dan sangat pas dikonsumsi" tambah David.

 

Masyarakat Kabupaten Seluma tidak dapat dipisahkan dari meminum Kopi karena itulah, minuman Kopi akan banyak kita temui di tempat kuliner seperti rumah makan dan tempat tongkrongan di daerah yang berjuluk Serasan Seijoan itu.

Baik siang maupun malam, berbagai lapisan masyarakat di Seluma mengisi kedai-kedai Kopi untuk bersantai minum Kopi.

 

Tidak terbatas dari yang muda hingga yang tua, pria maupun wanita, miskin maupun kaya, semua berbaur tanpa sekat-sekat pembatas. 

 

Bisa dikatakan, Kopi ibarat nafas bagi orang Seluma yang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari mereka sejak zaman dahulu. (ndo)

Sumber: