980 Miliar APBD BS 2023 Habis Untuk Ini, Buat Apa Saja Ya

980 Miliar APBD BS 2023 Habis Untuk Ini, Buat Apa Saja Ya

Kepala Bappeda-Litbang BS, Fikri Al Jauhari S.STP.MM--

 

BENGKULU SELATAN, radarselumaonline,   -  Pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Bengkulu Selatan (BS) menyebut sepanjang tahun anggaran 2023 ini, Pemkab BS memiliki 214 program kegiatan.

 

Program kegiatan tersebut, tersebar di 29 OPD di lingkungan Pemkab BS. Mulai dari program kegiatan pembangunan fisik maupun non fisik.

Bersumber dari dana ABPD Kabupaten BS dan dari Dana Alokasi Umum (DAU) pemerintah pusat.

 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Bengkulu Selatan (BS), BS Fikri Al Jauhari, S.STP, M.Si mengungkapkan total APBD Kabupaten BS tahun 2023 Rp 980 Miliar. Dari jumlah tersebut, selama setahun Pemkab BS akan melakukan 214 program kegiatan. 

BACA JUGA: Luas Lebih Kecil dari Seluma, Jatah Pupuk Subsidi BS 2023 Capai13.388 Ton

 

"Untuk besaran anggaran masing-masing OPD semuanya berbeda-beda. Kegiatan terbesar yakni Bidang Pendidikan dan Kesehatan,"ujar Fikri.

 

 

Dikatakan Fikri, program kegiatan di Bidang Pendidikan dan Kesehatan ini bukan tanpa sebab terbesar. Hal ini, lantaran selain kegiatan di kedua bidang tersebut bersumber dari dana APBD. Bidang ini juga mendapat program kegiatan dari pemerintah pusat melalui DAU. Seperti Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) dan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK). Yang mana, pada tahun ini total BOSP Kabupaten BS mencapai Rp 28,9 M. Sedangkan, untuk dana BOK selama tahun 2023 Rp 18,7 M.

 

Sumber: