Daftar Kini, Naik Hajinya 22 Tahun Mendatang..

Daftar Kini, Naik Hajinya 22 Tahun Mendatang..

jemaah haji--

 

Di BS, Daftar Tunggu Haji Capai 22 Tahun

 

 

BENGKULU SELATAN, radarselumaonline,  - Untuk menunaikan ibadah haji calon jamaah haji (CJH) harus menunggu 22 tahun. Hal ini diutarakan Kepala kantor kementerian agama (Kemenag) BS, Dr.Junni Muslimin MA, melalui kasi Haji dan Umroh, H Khayadi MHi.

 

"Saat ini jumlah warga BS yang sudah mendaftar ke Kemenag BS untuk menunaikan ibadah haji sebanyak 2.600 orang. Dengan kuota haji BS yang kembali normal, yakni sebanyak 127 CJH akan berangkat haji tahun 2023. Maka dipastikan baru bisa berangkat pada musim haji tahun 2045 mendatang," ucap Khayadi.

 


Dikatakan Khayadi, ketentuan kuota normal 127 orang, nanti kuota berkurang tentu akan lebih lama lagi, syukur-syukur nanti bisa bertambah agar daftar tunggu berkurang.


Khayadi mengaku, banyaknya daftar tunggu CJH BS ini membuktikan jika umat islam di BS yang ingin menunaikan rukun islam ke-5 semakin banyak.

Hal itu menandakan semakin banyak umat islam di BS yang sejahtera atau memiliki kesadaran untuk menyempurnakan rukun islam.

 

"Tetap menerima pendaftaran CJH untuk menunaikan ibadah haji,"pungkas Khayadi.


Untuk diketahui, tahun 2022 lalu, kuota CJH BS dibatasi lantaran saat itu sedang pandemi covid-19. Namun setelah Menteri Agama Republik Indonesia (RI), Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah menandatangani kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M terkait Kuota haji Indonesia tahun 2023.

Sumber: