Awal Tahun 2023, Waspadai Penipu Online Catut Nama Ini.....

Awal Tahun 2023, Waspadai Penipu Online Catut Nama Ini.....

--

Radarselumaonline.com - Penipuan online saat dengan berbagai modus sering terjadi kepada masyarakat, apalagi pengguna yang baru menggunakan ponsel. Modus yang dilakukan penipu sangat bervariasi ada yang menelepon ada lewat Watshap, SMS atau dari Link tertentu. Dan masih banyak masyarakat yang terperdaya oleh rayuan penipu online.

Semakin berkembang pesatnya dunia teknologi semakin moderen juga cara penipu mengelabui masyarakat, kemungkinan masayarakat awam percaya akan hal itu.

Memang dampak positif bagi pengetahuan dan kehidupan sehari-hari sangatlah banyak. Dizaman kini nternet menjadi wadah baru penipu melahirkan pola-pola kejahatan lebih moderen.

Sebagai pengguna internet dan penggiat medsos, kita harus tetap waspada dan mengetahui berbagai jenis penipuan online yang marak terjadi.

Tapi jangan takut dan risau, Radarselumaonline.com memiliki cara atasi penipu online dan motif apa saja yang biasa digunakan.

1. Modus Penipuan via WhatsApp

Modus penipuan melalui WhatsApp yang umum terjadi adalah kiriman link hadiah atau voucher diskon. kamu harus waspada dengan hal ini sebab apabila di klik tautan link tersebut lalu kamu diarahkan untuk mengisi data diri pribadi sebagai syarat penebusan hadiah, positif itu adalah penipu.
Biasanya link ini dibagikan oleh nomor baru yang mengatasnamakan brand, BPJS, Bank dan Aplikasi layanan. Langkah yang dilakukan agar aman, hapus saja link tersebut dan jangan mengkliknya, karena bisa jadi link tersebutdimasuki malware atau virus yang bisa menyalin data-data di gadget kamu.


2. Modus Penipuan via SMS

Modus penipuan melalui SMS tergolong jadul tapi masih sering terjadi dan banyak pula yang menjadi korban bahkan habis sampai puluhan juta. Mungkin, kamu sering mendapatkan pesan melalui SMS, yang isinya mulai dari tawaran pinjaman dengan anggunan murah, menang hadiah undian dari layanan. Contohnya selamat anda mendapatkan uang tunai, mobil, motor hingga emas logam mulia.

Umumnya, ciri modus penipuan via SMS ini adalah isi SMS berupa link dengan ajakan untuk mengklik link tersebut atau membalas SMS dengan menyertakan informasi seperti nomor identitas KTP, rekening bank, kode OTP (One-Time Password)(OTP), atau tiga digit nomor.


3. Modus via Telepon

kamu jangan senyum-senyum dulu saat mendapatkan telepon dengan memberikan kabar mendapatkan hadiah mobil atau uang tunai ratusan juta, ini sebenarnya penipuan gaya klasik. Karena zaman sekarang pastinya menelepon dari pihak-pihak perbankan, perusahaan e-commerce (Shopee, Tokopedia, BukaLapak, dll) hingga dompet digital, lalu mengabarkan berita kejutan bahagia bahwa kamu menang sejumlah uang tunai yang akan ditransfer ke rekening bank kamu.

Jangan terpengaruh karena itu murni penipu. kalian harus jeli dan lebih pintar. Logika aja mana mungkin orang berikan hadiah uang tunai kepada kita mengaku dari pihak Aplikasi, Bank, ataupun layanan commerce, kita aja kalau ngasih uang cuma-cuma keorang lain dengan angka yang besar tidak mungkin terjadi.


4. Modus Penipuan via E-mail

Penipuan via email ini juga kerap terjadi hingga saat ini. Cirinya, penipu akan mengirimkan pesan melalui email yang berisikan link website tertentu. Lalu, kamu akan digiring untuk membuka situs tersebut, login dan mengisikan username dan password.

 

BACA JUGA:Sedang Susah, Malah Harga Karet Awal Tahun Karet Rp 6.000

 

 


Nah, kamu harus berhati-hati sebab modus penipuan via email ini biasanya berkedok seperti tawaran lowongan kerja, menang undian hadiah, update data perbankan ataupun online shop dan lain sebagainya.

 

 

 

BACA JUGA:Simak, Pemprov Bengkulu Sedang Kaji Penerimaan PPPK

 


Modus penipuan ini biasa dikenal dengan phishing. Yakni suatu metode pencurian informasi penting seperti username dan password korban yang akan digunakan penipu digital untuk akses ke rekening bank/kartu kredit/dompet digital korban. Jadi, sebaiknya kamu jangan gegabah atau terburu-buru meng-klik email tak dikenal, selalu teliti kembali link URL situs website sebelum login atau transaksi online.

BACA JUGA:6 Cara Dapat Uang Dari Internet 2023 Tanpa Modal, Nomor 3 Dilakukan Dengan Mudah dan Terbukti.....

 

Sumber: wajib tahu