Harga TBS Sawit di Talo Masih Stabil di Rp. 1800

 Harga TBS Sawit di Talo Masih Stabil di Rp. 1800

Sawit--

 

TEBAT SIBUN - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit saat ini di RAM wilayah Talo Seluma  masih di harga stabil di harga Rp 1.800 . Harga ini memang sudah turun dari beberapa hari lalu, yang masih diangka 1.950.  Namun dalam seminggu ini, diperkirakan harga TBS ini akan stabil di 1800.

Dikonfirmasi Radar Seluma, Dekka salah satu pengumpul TBS mengatakan,  harga TBS sawit msih di harga Rp. 1800 per kilo seperti beberapa hari lalu. ‘’Memang sebelumnya 1.900, sudah turun ke 1.800. Dan ini sudah bertahan beberapa hari d harga 1.800,’’ujarnya.

Sekarang harga sawit yang diambilnya  di masyarakat perkilogramnya Rp 1.800 rupiah.

‘’Tapi biasanya,   harga TBS sawit menjelang natal dan tahun baru kemungkinan turun lagi, namun kami belum bisa pastikan,’’ujarnya.

"Saya mewakili masyarakat mengharapkan kepada pemerintah maupun kepada perwakilan rakyat untuk menelusuri harga TBS sawit yang tidak tetap ini. Sampai sekarang ini kami belum mengetahui penyebabnya, memang beberapa minggu terakhir harga sawit di pabrik tidak tetap. Terkadang kami mendapatkan informasi bahwa harga sawit turun lagi sehingga membuat kami tidak berani untuk menampung buah sawit masyarakat. Dengan harga sawit semakin turun, terjun dampaknya pertumbuhan perekonomian masyarakat akan mandek. Apa lagi harga bahan pokok semakin naik sementara harga penjualan kami sangat murah tidak stabil harga penjualan dengan harga pembelian. Sehingga petani tidak bisa menikmati hasil kebun mereka bahkan petani mengalami kerugian. Sekarang petani banyak mengeluh dengan harga sawit semakin hari, semakin turun, "ungkapnya.(Apr)

 

Sumber: