Inspektorat Audit DD Desa Nanti Agung

 Inspektorat Audit DD Desa Nanti Agung

Tim inspektorat Seluma melakukan audit pembangunan di Desa Nanti Agung--

PEMATANG AUR - Tim Audit Inspektorat Kabupaten Seluma pada Senin (28/11) turun ke Desa Nanti Agung, Kecamatan Ilir Talo. Kedatangan tim dari Inspektorat Kabupaten Seluma tersebut diketahui untuk melakukan audit Investigasi di dalam pengelolaan anggaran Dana Desa (DD) Desa Nanti Agung pada tahun anggaran 2021.

 

"Iya, tadi tim turun ke lapangan untuk melakukan audit Investigasi di Desa Nanti Agung," sampai Inspektur Inspektorat Kabupaten Seluma, Marah Halim, SP MP MSi MAk saat dikonfirmasi Radar Seluma.

 

Dikatakan Marah Halim, audit investigasi tersebut dilakukan dari adanya laporan masyarakat (Dumas) yang sebelumnya diterima oleh Inspektorat Kabupaten Seluma. Yakni meminta untuk melakukan audit di dalam pelaksanaan program anggaran DD tahun 2021 yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Nanti Agung.

 

"Saat ini tim baru turun ke lapangan, untuk melakukan proses audit. Untuk hasilnya masih dalam proses," terangnya.

 

Marah Halim juga menerangkan, dari hasil tim audit yang saat ini telah turun ke lapangan, untuk melihat kondisi pengerjaan di dalam pengelolaan anggaran DD yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa. Nantinya masih akan dipelajari (hitung) ataupun dikaji terlebih dahulu oleh tim auditor. Untuk mengetahui apakah adanya temuan Kerugian Negara (KN) nya di dalam pengerjaan program DD tersebut.

 

Usai dilakukan kajian ataupun penghitungan oleh tim audit. Nanti tim audit baru dapat memberikan informasi terkait dengan hasil audit yang saat ini masih dilakukan oleh tim audit.

 

Adapun kasus dugaan penyelewengan program DD Desa Nanti pada anggaran 2000 dan 2021 yang lalu. Dimana, salah satu item pekerjaan yang diduga fiktif dilakukan terkait dengan pengadaan alat penanggulangan covid-19 tahun 2020, pembangunan badan jalan baru, pembangunan jembatan gantung. Serta dugaan Mark Up pengadaan lampu jalan.

 

"Diperkirakan pada bulan Desember nanti, hasil audit sudah keluar" pungkasnya.(ctr)

 

Sumber: