Tes Tertulis PPK Seluma Pakai Sistem CAT

 Tes Tertulis PPK  Seluma Pakai  Sistem CAT

Ketua KPU Seluma, Sarjan--

 

PEMATANG AUR - Hari ini pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) resmi ditutup. Sampai dengan berita ini disusun tercatat sudah ada 502 orang pelamar. Tahapan selanjutnya adalah penelitian berkas administrasi pelamar.

Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil penelitian berkas. Kemudian pada tanggal 5 Desember nanti akan dilaksanakan seleksi tertulis. Rencananya seleksi tertulis calon anggota PPK Pemilu 2024 akan dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

"Rencananya CAT akan dilaksanakan di SMA dan SMK. Ada tujuh sekolah tempat nanti akan dilaksanakan CAT. Tujuh sekolah ini berada di wilayah Kabupaten Seluma. Dan kita lihat juga nanti di wilayah mana calon yang banyak. Selain itu pemilihan sekolah juga berdasarkan fasilitas yang dimiliki. Kemungkinan nanti di Sukaraja, Seluma, Talo, dan juga Semidang Alas. Agar tidak menganggu proses belajar mengajar maka pelaksanaan tes dijadwalkan pada sore," kata Sarjan Effendi, SE, M.Ak ketua KPU Seluma, kemarin (28/11).

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilu dan Pilkada, materi seleksi tertulis meliputi pengetahuan kebangsaan, kompetensi dasar dan pengetahuan kepemiluan.

Setelah seleksi tertulis nantinya pelamar yang lulus akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu mengikuti seleksi wawancara yang akan dilakukan langsung oleh anggota KPU.

Sedangkan materi seleksi wawancara informasi yang diterima Radar Seluma nantinya mencakup pengetahuan kepemiluan, komitmen yang mencakup integritas, independensi, dan profesionalitas, rekam jejak anggota PPK serta klarifikasi masukan dan tanggapan masyarakat.

KPU sendiri sudah melakukan penelitian administrasi calon anggota PPK sejak tanggal 21 November 2022, penelitian ini akan berlangsung hingga 1 Desember 2022. Selanjutnya, pengumuman hasil penelitian administrasi akan dilakukan pada 2 Desember 2022 hingga 4 Desember 2022.(adt)

 

Sumber: