Reses, Jonaidi SP Pastikan Perjuangkan Aspirasi Warga

Reses, Jonaidi SP Pastikan Perjuangkan Aspirasi Warga

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi, SP saat melakukan reses--

 
BENGKULU - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu DapIl Seluma, yakin Jonaidi Sp menggelar reses masa persidangan IIII tahun 2022 Di desa Napal Jungur Dan Kota Tais. 
 
Masa reses merupakan masa penting yang sejatinya secara fungsional sebagai media menjaring aspirasi masyarakat. Reses merupakan kewajiban bagi anggota DPRD dalam menjaring informasi untuk kemudian disalurkan. 
 
Untuk masyarakat kabupaten Seluma yang aktivitas kesehariannya adalah petani, tentunya adanya reses  ini ingin mengetahui dan mengatasi masalah masyarakat terhadap seputaran pertanian, sarana pertanian kemudian beberapa usulan sudah di akomodir dan sudah di anggarkan. Namun, masalah terbesar hampir mayoritas kelompok tani di desa belum teregister termasuk ada yang belum membentuk kelompok tani di desa.
 
“Reses ini bertujuan menyerap aspirasi masyarakat untuk pembangunan di setiap masing-masing desa dengan tujuan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.” Jelas Politisi Gerindra ini.
 
Tak hanya itu lanjut Jonaidi SP Yang juga Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu menjelaskan, masyarakat juga meminta solusi terkait kebutuhan petani, baik itu alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa hand traktor, maupun pupuk dan bibit. Ia bertegas, aspirasi yang berhasil dihimpun melalui reses nantinya akan diperjuangkan melalui lembaga legislatif.
 
"Banyak keinginan dan harapan dari masyarakat yang akan kami perjuangan di DPRD” Teras Jonaidi.
 
Dari hasil reses yang Di gelar dua lokasi pada 23-24 November lalu, Warga  Desa Napal Jungur Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma mengeluhkan sulitnya mendapatkan sertifikat lahan plasma yang mereka garap Dan kebutuhan air areal persawahan dikarenakan belum adanya irigasi..
 

Reses Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Seluma, Jonaidi SP di beberapa desa di Kabupaten Seluma--
 
“Kami warga Kecamatan Lubuk Sandi terkhusus Desa Napal Jungur ingin menyampaikan kepada Pak Jonaidi selaku perwakilan kami di DPRD Provinsi Bengkulu, pertama terkait dengan permasalahan sulitnya kami mendapatkan sertifikat tanah plasma yang pada saat ini kami garap, kemudian terkait permasalahan sulitnya kami mendapatkan air untuk mengairi sawah dikarenakan tidak adanya irigasi,” ungkap Bayu, warga Desa Napal Jungur.
 
Menanggapi hal tersebut, Jonaidi menegaskan dirinya akan gerak cepat (gercep) menghadirkan solusi terhadap setiap permasalahan yang dikemukakan masyarakat, khususnya petani.
 
“InsyaAllah dengan fungsi budgeting yang saya miliki sebagai anggota DPRD, akan segera mengupayakan agar permasalahan yang telah bapak ibu semua sampaikan tadi dapat terselesaikan dan menemukan solusi yang terbaik,” tegasnya.
 
Sementara itu, ditegaskan Jonaidi saat menyerap aspirasi masyarakat mengatakan, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat akan selalu diperjuangkan dan akan diminta untuk diprioritaskan, Intinya,  pihaknya  selalu siap untuk memperjuangkan aspirasi warga.
 
Lanjutnya, ia juga berkomitmen kebijakan anggaran yang digodok nantinya akan berpihak seluas-luasnya untuk kepentingan masyarakat.
 
“Saya juga sangat berharap bapak ibu tidak sungkan untuk menyampaikan segala permasalahan yang lain kepada saya. Selaku wakil dari bapak ibu sekalian, InsyaAllah bapak ibu sekalian akan mendapatkan kebijakan anggaran di segala bidang,” pungkasnya.
 
Jonaidi juga menyampaikan terkait aspirasi masyarakat yang meminta bantuan pertanian kelompok tani tinggal membuat proposal karena memang DPRD Provinsi sudah mengalokasikan khususnya Dapil seluma. Insyaallah akan didistribusikan pada tahun 2023.
 
“Kami menyarankan hikmah dari reses ini salah satu program yaitu penguatan kelembagaan kelompok tani. Pemerintah provinsi, kabupaten termasuk pusat sudah mulai meningkatkan alokasi anggaran pertanian karena salah satu bidang usaha yang akan bertahan di negara kita ini yaitu pertanian,” ujarnya.(Ken)

Sumber: