Pemdes Air Teras Rembuk Atasi Stunting

 Pemdes Air Teras Rembuk Atasi Stunting

stunting--

 

TALO - Pemerintah Desa Air Teras Kecamatan Talo melaksanakan kegiatan rembuk stunting, menjadi fokus bersama untuk menurunkan angkat stunting di tingkat pedesaan. Karena angka stunting terkait kesehatan anak-anak usia dini. 

Dikatakan Kades Harmen Jayadi dikonfirmasi kemarin (8/11), kegiatan ini salah satu upaya pemerintah Desa untuk tangani stunting bersama masyarakat dan kader posyandu, supaya angka stunting turun. 

"Program pencegahan stunting merupakan program pemerintah melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas setiap daerah, maupun wilayah hingga di tingkat Desa,’’bebernya.

Ditambahkannya, permasalahan stunting bukan urusan kelompok atau perangkat daerah tertentu. Namun menjadi tanggung jawab bersama, baik secara institusional dan personal. “Oleh karena itu, rembuk stunting yang diikuti oleh berbagai pihak ini diharapkan dapat menyepakati program dan kegiatan pencegahan stunting yang terintegrasi antara intervensi spesifik dan sensitif, "kata Kades.

Kades berharap bahwa program harus berdampak pada masyarakat dan selalu melibatkan potensi pentahelix sejak awal hingga pada tahap evaluasi. Kades menjelaskan bahwa adanya beberapa wilayah yang tercatat tingkat stuntingnya masih tinggi salah satunya dikarenakan oleh tingginya jumlah pasangan subur di wilayah tersebut. 

 

"Pencegahan ini menjadi kesadaran masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya untuk lebih baik. stunting bisa membahayakan anak kurang gizi maupun anak pendek,’’bebernya.

 

Kades menyampaikan terima kasihnya atas kerja sama yang telah terjalin oleh semua pihak demi mengupayakan penurunan stunting.  Menurut Kades penanganan stunting melibatkan banyak sektor, tidak hanya kader posyandu maupun tenaga kesehatan juga masyarakat dan warga Desa ikut berperan dalam penanganan, dan penurunan stunting.(apr) 

Sumber: