714 Anggota Parpol Belum Bisa Ditemui Saat Verfak

 714 Anggota Parpol Belum Bisa Ditemui Saat Verfak

Ketua KPU Seluma, Sarjan--

 

PEMATANG AUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma saat ini sudah melakukan verifikasi faktual keanggotaan Partai Politik secara door to door. Dari 1.629 sampel sembilan Parpol ada 714 orang yang belum bisa ditemui saat pelaksanaan verifikasi faktual. Terkait dengan hal tersebut KPU dalam waktu dekat menjadwalkan akan meminta Parpol menghadirkan objek Parpol di sekretariat masing-masing.

"Untuk verifikasi faktual keanggotaan Parpol kita sudah menyelesaikan verifikasi ke kecamatan, dan menemui ke rumah-rumah penduduk. Saat ini kita sudah menyampaikan kepada partai untuk mengumpulkan keanggotaan yang belum bisa kita temui saat verifikasi beberapa waktu lalu. Direncanakan besok (hari ini) dan lusa (besok) akan dilakukan verifikasi di kantor Parpol. Ada 714 yang belum bisa kita temui," kata ketua KPU Seluma Sarjan Effendi, SE, M.Ak, kemarin (1/11).

Apabila dalam hal sudah diminta kepada Parpol mengumpulkan objek yang ingin dilakukan verifikasi, namun objek juga tidak bisa ditemui, maka akan dilakukan upaya menghubungi melalui video call.

"Apabila sudah diminta kepada Parpol untuk menghadirkan, yang bersangkutan tidak juga hadir maka akan dilakukan upaya verifikasi faktual keanggotaan Parpol dengan sarana video call. Apabila juga tidak bisa dihubungi maka dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS)," sambungnya.

Dijelaskan Sarjan apabila saat dihubungi objek verifikasi dapat menunjukan KTA Parpol dan KTP maka akan dinyatakan memenuhi syarat. Kemudian apabila yang bersangkutan saat dihubungi menyatakan mendukung Parpol, namun belum bisa menujukan KTA Parpol dan KTP maka belum memenuhi syarat, dan bisa melengkapi syarat pada masa perbaikan.(adt)

 

Sumber: