Napal Jungur Tebar 18 Ribu Bibit Lele

 Napal Jungur Tebar 18 Ribu Bibit Lele

Tebar bibit lele--

 

NAPAL JUNGUR - Desa NAPAL JUNGUR Kecamatan Lubuk Sandi menebar 18 ribu ekor bibit ikan lele dalam bidang ketahanan pangan tahun 2022. Lokasi penebaran di tebat/embung dusun tiga atau perumahan PIR NAPAL JUNGUR. Ikan lele tersebut untuk pemeliharaan sampai kepanen, ditugaskan kepada salah seorang warga dusun tiga yang sudah berpengalaman memelihara pembesaran lele.

Sedangkan persiapan baik keramba ataupun kebersihan lahan dikerjakan secara bersama dan gotong royong. Hasil penennya nanti sebagian besar untuk pengembangan, sisanya untuk pengelola dan dibagikan kepada masyarakat dusun tiga yang berjumlah 93 KK.

Kepala Dusun (Kadus) 3 NAPAL JUNGUR Suwarno mengatakan pemeliharaan ikan lele dalam kerambah di embung ini pengelolaan dan pemeriharaan diserahkan ke peternak yang sudah berpengalman.

 "Ketahanan pangan tahun 2022 didusun tiga berbentuk pemeliharaan ikan lele. Untuk mengurusnya ditunjuk salah seorang warga yang sudah berpengalaman memelihara lele Rio Indo Barudo dan dibntu oleh kawan kawan. Dia diberi tanggung jawab memelihara hingga penen dengan sistem upahan. Hasil panennya nanti untuk pengembangan tebar selanjutnya, kemudian dibagi ke seluruh KK yang ada di dusun tiga, dan juga untuk sipengelola. Jadi ikan lele ini bukan untuk sekali tebar, melainkan untuk berkelanjutan," jelasnya.

Sementra Kades NAPAL JUNGUR Mas Mullyadi yang diwakili Kasi Pemerintahan Zainal Abidin mengatakan bidang ketahanan pangan Desa NAPAL JUNGUR ada dua jenis.

"Dua jenis ketahanan pangan NAPAL JUNGUR tahun 2022 ini. Untuk dusun 1 dan 2 membuat kebun pekarangan disetiap rumah, sedangkan dusun tiga pemeliharaan ikan lele. Lahan yang digunakan untuk kerambah apung tempat pembesaran lele ini adalah lahan desa yang sudah berbentuk tebat atau embung. Ikan lele yang ditebar ini sebanyak 18 ribu ekor dibagi dalam enam kerambah, satu kerambahnya ditebar 3 ribu ekor. Persiapan lahan dikerjakan bersama. Program ini juga sekligus pemanfaatan kahan tidur," tambahnya. (mrs)

 

Sumber: