197 Ribu Warga Bengkulu Akses Kartu Prakerja

197 Ribu Warga Bengkulu Akses Kartu Prakerja

Edwar Happy, Kadis Naker Provinsi--

 
BENGKULU - Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu, Edward Happy mengungkapkan, keberadaan program Prakerja yang dibuka telah membawa sisi positif bagi pelaku usaha maupun yang usia kerja yang sedang mencari kerja sejak program ini dibuka 11 April 2011 lalu. 
 
Berdasarkan data Disnakertrans, ada sebanyak 197.082 warga di Provinsi Bengkulu yang telah mengikuti program Prakerja, adapun jumlah realisasi pengguna Kartu Prakerja tersebut tersebar di Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 15.430 orang, Bengkulu Utara 12.762 orang, Bengkulu Utara 24.624 orang, Kaur 13.175 orang, Kepahiang 19.267 orang, Lebong 12.679 orang, Mukomuko 6.594 orang, Rejang Lebong 29.809 orang, Seluma 15.189 orang, dan Kota Bengkulu 47.563 orang.
 
“keberadaan Kartu Prakerja ini membuat angkatan kerja di daerah lebih produktif dalam memanfaatkan dana sebesar Rp 4,2 juta per individu  untuk pengembangan wirausaha maupun sebagai operasional dalam pencari kerja. Selain itu, program Kartu Prakerja ini dapat menekan angka pengangguran di daerah” Pungkas Edward. 
 
Lebih lanjut, pasca pandemi Covid-19, keberadaan Kartu Prakerja difokuskan untuk pemulihan ekonomi nasional khususnya pada pengembangan keahlian dan produktivitas angkatan kerja. Pengembangan tersebut dapat dilakukan dengan mengakses pelatihan secara langsung dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling.
 
“Program ini berfokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19. Dan sekarang normal, keberadaannya ditujukan untuk peningkatan keahlian supaya angkatan kerja atau yang telah memulai bisnis dapat mengembangkan usahanya," demikian Edward.(ken)

Sumber: