7 Desa Usulkan Pencairan DD

7  Desa Usulkan Pencairan DD

Kepala Dinas PMD Seluma--

 

PEMATANG AUR-  Minggu kedua Oktober, dari 170 desa di kabupaten baru 7 desa saja yang sudah mengusulkan pencairan Dana Desa(DD) tahap III, sedangkan Alokasi Dana Desa(ADD) baru satu desa yang sudah mendapatkan rekomendasi dari dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(PMD).

"Penyerapan DD dan ADD tahap ketiga ini masih minim. Hanya ada 7 desa yang sudah mendapat rekomendasi untuk penyerapan DD 20 persen lagi ini,"tegas Kepala Dinas PMD, Nopetri Elmanto Msi.

Ditegaskan, untuk bisa mendapatkan rekomendasi ini. Desa jelas harus merealisasikan anggaran yang sudah di kucurkan pada tahap ke 1 dan ke 2 lalunya. Dengan menyertakan laporan realisasi. Selain itu, juga pemerintahan desa juga sudah harus menyampaikan dan mengisi pada sistem Omspam dan Sistem keuangan desa(Siskiudes).

"Laporannya terpenting harus ada 90 persen penyerapan anggaran sebelumnya serta laporan dalam penanganan Stanting di desa masing masing,"tegasnya lagi.

Diterangkan, pemerintahan desa juga harus menyalurkan bantuan langsung tunai(BLT) kepada masyarakat desa dengan total keseluruhan 40 persen dari total anggaran yang di alokasikan dalam DD. Nopetri berharap jika di bulan November akhir bisa di selesaikan pekerjaanya.

"Tuntutannya seluruh pekerjaan fisik yang di desa bisa diselesaikan dan laporannya bisa disampikan untuk usulan pencairan tahap ke tiga,"sampainya.(ndo)

Sumber: