Kuota BBM Subsidi Diperkirakan Habis Bulan Depan

 Kuota BBM Subsidi Diperkirakan Habis Bulan Depan

SPBU Kota Bengkulu dekat BIM--

 

BENGKULU - Kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar Subsidi di Provinsi Bengkulu hampir tidak mencukupi. Hal ini Berdasarkan data dari Kantor Perwakilan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu.

Kuota Pertalite secara nasional sebesar 23,05 juta Kilo Liter (KL), dengan konsumsi Pertalite sampai dengan Agustus 2022 sudah mencapai 19,5 juta KL. Dengan demikian, sisa kuota 3,65 juta KL. Sedangkan untuk kuota Solar bersubsidi sebesar 15,1 juta KL dengan konsumsi hingga Agustus 2022 sudah mencapai 11,4 juta KL. Sisa 3,7 juta KL. Kedua BBM ini diperkirakan akan habis pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Di Provinsi Bengkulu sendiri, realisasi BBM Pertalite hingga 31 Agustus 2022 sebanyak 153.665 KL dari kuota sebanyak 174.094 KL untuk 1 tahun. Sedangkan untuk solar dari kuota sebesar 111.970 kilo liter per tahun, saat ini masih tersisa sekitar 35 ribu KL saja. 

Dikatakan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dalam mencukupi kebutuhan BBM hingga akhir tahun, Pemprov Bengkulu bersama dinas dan instansi terkait hingga saat ini terus berupaya agar ada penambahan kuota BBM bersubsidi dari pemerintah pusat. Upaya ini baik melaui penyampaian surat maupun berkoordinasi langsung dengan pemerintah pusat melalui kementrian atau lembaga terkait. "Sebelumnya melaui Sekda DPD RI telah memfasilitasi, disampaikan kepada badan pengatur hilir minyak dan gas (BPH Migas) hulu kemudian dengan Kementerian ESDM," katanya.

Gubernur Rohidin menyebut, permasalahan kekuarangan kuota BBM terjadi secara menyeluruh di Indonesia. Terlebih untuk kuota BBM Subsidi kemungkinan bulan Oktober atau November sudah habis. "Saya kira nanti ada kebijakan tersendiri yang diambil pemerintah pusat. Kita sendiri telah mengusulkan," singkat gubernur Rohidin.

Diketahui Setidaknya dibutuhkan tambahan kuota BBM Subsidi sebnyak 25 ribu KL untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bengkulu hingga akhir tahun ini. (Ken) 

Sumber: