Musim Hujan, Waspadai DBD

Musim Hujan, Waspadai DBD

Kadinkes Provinsi Bengkulu, Herwantoni--

 
BENGKULU - Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir menjadi penyebab meningkatnya kasus demam berdarah dengue di sejumlah wilayah di Provinsi Bengkul dan wilayah lainnya di Indonesia.
 
Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mengingatkan agar masyarakat mewaspadai potensi terjangkitnya DBD.
 
“Selain mengganggu masyarakat dengan hadirnya banjir, salah satu penyakit yang menyebar yaitu Demam Berdarah Dengue(DBD).” kata Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, Kamis (1/9
 
Untuk mencegah peningkatan kasus DBD ini, pihaknya menghimbau dan meminta masyarakat untuk sentiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat.
 
"Kita sudah memantau beberapa kabupaten ada peningkatan kasus DBD, tentunya kita menghimbau masyarakat untuk waspada dari banjir dan penyakit-penyakit yang disebabkan akibat dampak curah hujan tinggi yakni DBD dan Malaria,” Tukas Herwan.
 
Demikian Upaya ini dalam bentuk berolahraga dan membasmi perkembangan nyamuk dengan melakukan kegiatan 3M plus yaitu, menguburkan dan menguras serta menutup wadah yang dimungkinkan menjadi tempat nyamuk berkembang serta mendaur ulang barang-barang bekas yang terbengkalai.
 
"Kami minta masyarakat untuk waspada terhadap penyakit DBD dan terapkan pola hidup sehat di lingkungan masing-masing,” ujar Herwan.
 
Sementara itu, untuk upaya fooging atau pengasapan sendiri merupakan salah penindakan yang dilakukan jika terpaksa dan telah memenuhi beberapa persyaratan yang diperlukan untuk dilakukan fooging.
 
"Kita sebenarnya dalam hal ini lebih mengutamakan edukatif dan himbauan, bukannya fooging tidak boleh namun harus ada ketentuannya jika ingin dilakukan seperti harus ada kasus, jentik yang ditemukan lebih dari 5 persen wilayah baru di fooging. Jika tidak memenuhi tidak dilakukan fooging," demikian Herwan.(Ken)

Sumber: