Pakai DD, Sarimulyo Panen Semangka

Pakai DD, Sarimulyo Panen Semangka

Semangka Desa Sarimulyo yang menggunakan dana desa--

 

SARI MULYO - Desa Sari Mulyo Kecamatan Sukaraja, panen semangka. Lewat program ketahanan pangan dan pemberdayaan peningkatan produksi tanaman pangan, desa ini menanam semangka. Tanaman semangka yang dikerjakan masyarakat yang bersumber dana dari dana desa (DD) tahun 2022 dengan luas area 9.000m2 senilai Rp46.465 juta. Kegiatan dari DD ini untuk PKTnya 50 persen dari anggaran.

Saat ini tanaman semangka sudah dipanen. Pada panen perdana dengan hasil 6,3 ton, dan yang kedua  sekitar 4 ton, sedang yng ketiga masih menunggu buah matang, sebab saat ini buah untuk panen ketiga masih kecil. 

Ketua BPD Sari Mulyo Subroto mengatakan, panen kali ini adalah panen kedua. "Sekarang panen kedua, bobotnya sekitar 4 ton, panen perdana beberapa hari lalu mencapai 6,3 ton. Tanaman semangka dari peningkatan produksi pangan ini dinilia berhasil, sebab sampai penen kedua sudah 10 ton lebih hasil panennya belum lagi panen ketika. Satu kali tanam, semangka bisa sampai tiga kali penen," katanya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dua tahun berturut turut. "Kegiatan ketahanan pangan tanaman semangka ini akan berlanjut ke tahun depan, dengan dua tahun berturut ini setidaknya ada beberapa tenaga kerja yang terserap di kebun semangka ini," lanjutnya.

 

Penanaman perdana memakan modal untuk PKT sangat besar. "Dana banyak terserap pada persiapan tanam pertama, sebab lahan untuk nanam semangka ini adalah semak belukar. Untuk membersihkannya hingga siap tanam memakai banyak tenaga dan anggaran. Tapi pada penanaman berikutnya pengolahan tanah untuk lahan tanam akan semakin mudah, dan itu nantinya akan lebih besar keuntungannya untuk desa," tutupnya. (mrs)

 

Sumber: