PMK di Kaur Semakin Meresahkan

PMK di Kaur Semakin Meresahkan

 

 TANJUNG KEMUNING - Banyaknya kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Eks Kaur Utara, sudah sangat meresahkan pemilik hewan ternak. 

 

Kades Selika I Kecamatan Tanjung Kemuning Risdianto mengatakan sudah banyak warga yang melapor kalau hewan ternak yang terjangkit PMK. Mulut berbuih, lidah mengelupas dan kaki membusuk. 

 

Sehingga warga meminta supaya Pemerintah Desa (Pemdes) untuk dapat melaporkan ke dinas terkait untuk turun gunung langsung kelapangan melihat kondisi yang ada.

 

Risdianto mengatakan bahwa sementara ini pemilik hewan ternak memvaksin hewannya secara pribadi atau membayar mantri hewan untuk mengobati hewan ternak mereka yang sudah terjangkit.

 

“Harapan warga dinas terkait mendatangi desa desa, karena jika dibiarkan bisa dipastikan banyak hewan ternak yang mati. Karena hewan ternak yang terjangkit PMK, tidak mau makan sehingga tenaganya kurang,” kata Kades Selika I.

 

Lanjutnya, kasus PMK di desa ini baru ada dua minggu ini, hewan ternak milik salah satu Perangkat Desa (Perades) ada dua ekor yang terjangkit. Saat ini sudah dikandangkan, dan dijauhkan ke hewan ternak yang belum terjangkit.

 

 

Sumber:

Berita Terkait