Satu Jutaan Pelanggan KA Datang dan Pergi di Wilayah KAI Daop 6 Yogyakarta Selama Lebaran 2025

 Satu Jutaan Pelanggan KA Datang dan Pergi di Wilayah KAI Daop 6 Yogyakarta  Selama Lebaran 2025

KAI Daop 6 Yogyakarta melayani total sebanyak 1.100.196 penumpang--

"Selama masa Angkutan Lebaran 2025, penjualan tiket KA jarak jauh keberangkatan awal stasiun KAI Daop 6 mencapai 443.571 tiket, sedangkan untuk KA lokal Daop 6 total penjualannya mencapai 58.131 tiket," terang Feni.

 

Selama masa arus balik Angkutan Lebaran, KAI Daop 6 mengoperasikan total 37 perjalanan kereta api jarak jauh per harinya dimana per 30 Maret 2025, KAI Daop 6 menambah satu KA tambahan relasi Yogyakarta-Gambir, sehingga jumlah KA tambahan Lebaran yang beroperasi dari keberangkatan awal Daop 6 menjadi 12 KA. KA Tambahan YK-GMR ini masih akan dioperasikan hingga 13 April 2025. Tak hanya itu, KAI Daop 6 juga menambah jumlah stamformasi atau kereta pada rangkaian KA-KA Tambahan relasi Yogyakarta-Gambir untuk menambah kapasitas dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

 

Selain itu, Feni menjelaskan bahwa KAI Daop 6 juga berhasil mencatatkan tingkat ketepatan waktu yang sangat baik selama masa Angkutan Lebaran. Ketepatan waktu keberangkatan tercatat sebesar 99,74%, sementara ketepatan waktu kedatangan di seluruh stasiun Daop 6 mencapai 97,76%. Capaian ini menggambarkan keberhasilan KAI Daop 6 Yogyakarta dalam menjaga performa ketepatan waktu sesuai yang diprogramkan.

 

Dalam upaya memberikan kenyamanan lebih kepada pelanggan, KAI Daop 6 juga menghadirkan berbagai fasilitas baru selama masa Angkutan Lebaran. Di antaranya adalah ornamen khas Lebaran yang menghiasi berbagai stasiun, menciptakan atmosfer yang hangat dan meriah bagi para pemudik. Selain itu, fasilitas kursi tunggu yang nyaman, drinking water station yang menyediakan air mineral gratis, serta pembersih sepatu elektrik dan blower untuk kenyamanan pelanggan semakin menambah kualitas layanan yang diberikan.

 

"KAI Daop 6 Yogyakarta mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI/POLRI, Dishub, media, pencinta kereta api, dan seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu atas dukungan yang luar biasa selama masa Angkutan Lebaran 2025," kata Feni.

 

Feni menambahkan bahwa terdapat bantuan pengamanan dari eksternal yaitu Polri dan TNI selama masa Angleb 2025 ini sebanyak 89 petugas. Kehadiran bantuan pengamanan di setiap titik penting operasional kereta api telah memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan, serta memastikan bahwa perjalanan mudik berjalan lancar dan terkoordinasi dengan baik.

 

BACA JUGA: Aneh, PPJ Tambak Udang Seluma Masuk ke Bengkulu Selatan

BACA JUGA:Tertibkan Kendaraan Dinas, Pemkab Seluma Minta 1.455 Kendaraan Dinas Kumpul

"Kami juga sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi selama masa Angkutan Lebaran 2025. Kepercayaan ini sangat berarti bagi kami, dan menjadi sumber motivasi untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Dengan mengutamakan kenyamanan dan keselamatan, KAI Daop 6 berkomitmen untuk terus mendukung kebijakan pemerintah dalam memajukan transportasi publik yang efisien dan berkelanjutan, serta berperan aktif dalam pengurangan emisi karbon melalui penggunaan transportasi massal yang ramah lingkungan," tutup Feni.

Sumber:

Berita Terkait