BSI Terus Tingkatkan Sistem IT, Dorong Kinerja Semakin Solid
BSI--
Di dalamnya mencakup berbagai inisiatif, antara lain Modernisasi Core Banking, Redesign Flow System BYOND, Performance Tuning Database Core Banking untuk menjaga kestabilan akses e-channel, Strengthening Detection & Response, hingga Core Banking Access Management guna memastikan tata kelola dan keamanan akses sistem secara disiplin. Selain itu, BSI juga telah memiliki playbook penanganan insiden yang terstruktur dan kecepatan response yang meningkat signifikan
Langkah-langkah tersebut, kata Muharto, berhasil meningkatkan kecepatan layanan dan menjaga availability IT BSI tetap tinggi, di tengah peningkatan aktivitas digital nasabah. Hingga September 2025, transaksi digital di e-channel BSI mencapai 749 juta transaksi dengan volume lebih dari Rp763 triliun, meningkat signifikan dibanding periode sebelumnya.
Selain itu, BSI juga terus memperkuat postur keamanan siber. Saat ini, sistem keamanan IT BSI mencatat rating tertinggi (A100) di antara empat bank besar nasional. “BSI berkomitmen menjadikan IT bukan hanya sebagai support function, tetapi sebagai business enabler untuk membawa BSI menuju visinya menjadi Top 5 Global Islamic Bank. Kami ingin memastikan setiap inovasi digital yang dihadirkan tidak hanya aman dan stabil, tapi juga memberikan nilai tambah bagi nasabah,” tambah Muharto.
Dengan sistem IT yang semakin tangguh, transformasi digital yang terus berlanjut, serta peningkatan tata kelola dan kompetensi SDM, BSI optimistis dapat terus menghadirkan layanan perbankan syariah yang unggul, inklusif, dan berdaya saing global.
Sumber: