Meta Sebut Kampanye dan Kreator Reels, Paling Berdampak di Asia Tenggara

Minggu 16-11-2025,21:28 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

SINGAPURA, Radarseluma.Disway.id  – Meta  mengumumkan pemenang Southeast Asia Reels Impact Awards (RIA) 2025, yang mengapresiasi merek dan kreator paling inovatif di kawasan ini yang mendobrak batasan video berdurasi pendek. Penghargaan tahun ini menyoroti meningkatnya pengaruh Reels di lanskap digital Asia Tenggara, seiring konten video terus membentuk cara orang, bisnis, dan kreator berinteraksi dan terhubung.

 

BACA JUGA:Personel Polres Seluma Berhasil Amankan Kunjungan Mendes PDTT RI di Konsolidasi Pemberdayaan Masyarakat

BACA JUGA:Pengiriman TKW asal Seluma ke Jepang, Diusut Mabes Polri hingga Interpol, Ada Dugaan TPPO Seluma–Jepang

 

Wakil Presiden Meta untuk Asia Tenggara, Sandhya Devanathan , memuji para pemenang atas kemampuan mereka menembus kebisingan digital dan terhubung secara autentik dengan audiens. "Para pemenang tahun ini telah memanfaatkan kekuatan Reels untuk menetapkan tolok ukur baru tentang apa yang mungkin terjadi di lanskap digital Asia Tenggara," ujarnya. Karya mereka tidak hanya menghasilkan pertumbuhan bisnis yang terukur, tetapi juga menginspirasi orang lain untuk bereksperimen dan berinovasi di dunia video berdurasi pendek yang terus berkembang pesat.

 

Reels telah dengan cepat menjadi jantung budaya daring di Asia Tenggara. Menurut Meta, video kini menyumbang lebih dari 60% waktu yang dihabiskan di Facebook dan Instagram, dengan Reels sendiri menyumbang sekitar setengah dari total waktu yang dihabiskan di Instagram. Dampak globalnya pun tak kalah mengesankan: Reels dibagikan 4,5 miliar kali setiap hari – lebih dari dua kali lipat volume tahun lalu. Angka-angka ini menyoroti pertumbuhan dan interaksi yang luar biasa yang dihasilkan oleh video berdurasi pendek, tidak hanya di kalangan pengguna individu tetapi juga bagi merek yang mencari cara baru untuk menjangkau audiens.

 

Lonjakan penggunaan Reels didorong oleh kombinasi penceritaan kreatif dan hasil bisnis yang terukur. Berbagai merek dan kreator di Asia Tenggara memanfaatkan video berdurasi pendek untuk meningkatkan visibilitas, mendorong interaksi yang lebih mendalam, dan mendorong konversi. Reels Impact Awards, yang kini memasuki tahun kedua, memberikan penghargaan kepada kampanye dan kreator dari Indonesia, Singapura, Thailand, dan Vietnam yang menetapkan standar baru untuk keunggulan dan inovasi digital.

 

BACA JUGA:Diabetes, Mother of Diseases : Ancaman dari Ujung Rambut hingga Ujung Kaki

Anni Tankhiwale, Direktur Agensi untuk Asia Tenggara , menyoroti sifat kolaboratif dari kesuksesan ini: "Pertumbuhan Reels didukung oleh ekosistem mitra yang luar biasa, mulai dari agensi media dan kreatif hingga kreator dan jaringan multi-kanal (MCN), yang meningkatkan penceritaan merek melalui video berdurasi pendek. Bersama-sama, mereka membantu merek menjangkau audiens baru, menginspirasi penemuan, dan menjadikan waktu yang dihabiskan di Reels lebih bermakna bagi individu dan bisnis."

 

Kategori :