IFLS 2025 menghadirkan sesi yang beragam dan pembicara yang eklektik:
Where is School in the Key Skills vs AI Saga? Panel Diskusi dengan pembicara Claire Simms dari St. Joseph’s Institution International (SJI) Elementary School Singapore, Lee Ting Jian dari Jakarta Nanyang School, Yuliana dari IPEKA International Schools, dan Abdullah dari SMA Negeri 1 Glagah, Banyuwangi. Sesi ini mengungkap wawasan dari para pemimpin sekolah tersebut tentang pemanfaatan AI yang positif dan berpusat pada manusia, serta penyeimbangan penggunaannya dengan pengembangan keterampilan masa depan.
AI and Beyond: From Adaptive Learning to Human-Centered Skills. Sesi Keynote dibawakan oleh Claire Simms dari Google Reference School, yaitu St. Joseph’s Institution International Elementary School Singapore. Dalam sesinya Claire mengeksplorasi implementasi Google Gemini secara menyeluruh dalam pendidikan dasar, dengan menyoroti nilai-nilai yang lebih dalam serta tujuan jangka panjang di balik penggunaannya.
Ter-AI-ducated: AI to Support Mastery of Key Skills. Dua sesi Demo Slam yang masing-masing dibawakan oleh Hanna Christina dan Mindy Slaughter dari Jakarta Intercultural School (JIS). Hanna mendemonstrasikan bagaimana ia memodifikasi AI Flint K12 menjadi “sejarawan Indonesia” dan membantunya mengajar mata pelajaran Sejarah berbasis inkuiri untuk anak-anak kelas lima. Sementara Mindy mendemonstrasikan bagaimana ia menggunakan AI dan Virtual Reality (VR) untuk mengajar anak-anak kelas empat menulis cerita fantasi.
Finding The Balance At Home. Talkshow ini menghadirkan Okki Sutanto, seorang pembicara dan penulis berlatar belakang psikologi; Gloria Siagian, seorang psikolog anak dan remaja; serta Pepita Gunawan sebagai Moderator. Ketiganya memiliki peran sebagai orang tua, dan mereka berbagi refleksi jujur tentang tantangan membesarkan anak di era digital dan AI, sekaligus memberikan strategi psikologis praktis untuk membentuk kebiasaan teknologi sehat di rumah. Sesi ini dibawakan dengan format bincang-bincang santai.
The Most Important Skills for The Future. Sesi berbasis data oleh Iwan Syahril dari Tech for All menekankan tiga keterampilan utama untuk menghadapi masa depan, yaitu berpikir tingkat tinggi, sosial emosional, dan teknologi. Ia juga menyoroti dampak perubahan dan teknologi pada pendidikan, serta pentingnya terus mengasah keterampilan masa kini dan menjadi pemimpin dengan kecerdasan emosional.
Meski sebagian besar peserta IFLS 2025 adalah pendidik, mereka tampak antusias dan tetap bersemangat untuk belajar dan mengeksplorasi hal-hal baru.
Agus Dwi Iswanto dari SDN 013 Balikpapan Selatan mengaku semua materi bagus dan pembicaranya mumpuni. Namun, yang paling berkesan baginya adalah sesi Ter-AI-ducated: AI to Support Mastery of Key Skills oleh Hanna Christina, yang menunjukkan bagaimana AI dapat membuat pelajaran Sejarah lebih menarik dan mendalam, bahkan dengan alat gratis.
Hal serupa disampaikan Irma Nurul Fatimah dari SMP Lazuardi Al-Falah Global Islamic School. Ia menilai metode Hanna efektif karena bisa digunakan di berbagai jenjang, termasuk untuk siswa yang lebih muda, tanpa terhambat materi yang bahasanya terlalu rumit.
BACA JUGA:Nasihat Emas Rasulullah SAW untuk Umatnya: Sholat, Amalan Jariyah, dan Bekal Menuju Akhirat
Catherine Lim dari Sekolah Mahabodhi Vidya mengatakan, “Ini adalah kali kedua saya mengikuti IFLS, dan saya ingin mengucapkan selamat kepada REFO yang selalu sukses menyelenggarakan acara edukatif yang sangat informatif. Sesi dan para pembicara hari ini sangat baik dan penuh persiapan. Favorit saya adalah sesi dari Claire Simms, karena data yang ia gunakan memberi wawasan berharga bagi kami sebagai pemimpin sekolah tentang perubahan yang dibutuhkan dan bagaimana AI dapat membantu memajukan sekolah agar sejajar dengan standar global.”