Proyek Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi II dan Proyek Bayung Lencir - Tempino; Diresmikan

Sabtu 19-10-2024,00:00 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

Jakarta, Radarseluma.Disway.Id,- PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN Konstruksi dan Investasi di Indonesia melakukan peresmian pada Proyek Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi 2 dan Proyek Bayung LencirTempino yang berlokasi di Gerbang Tol Kisaran, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara (16/10/2024). Presiden RI Joko Widodo meresmikan secara langsung dengan penandatanganan prasasti sebagai bentuk simbolis.

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Anggota Komisi 5 DPR RI Bakri, Pj Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni, Pjs Bupati Asahan Basarin Yunus Tanjung, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, dan Direktur Keuangan PTPP Agus Purbianto.

 

BACA JUGA:Hujan Turun, Harapan Petani Besar Sawit Berbuah Normal

BACA JUGA:7 Pengacara Murman Efendi Praperadilankan Kejaksaan Negeri Seluma ke PN Tais

Dalam peresmian ini, Presiden RI meresmikan 2 Proyek Tol Trans Sumatera yang digarap oleh PTPP yaitu yang pertama adalah Proyek Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi II ruas Limapuluh – Kisaran. Kedua, Proyek Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino yang didalamnya terdapat Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi 2, paket yang dikerjakan oleh PTPP. Proyek Jalan Tol Indrapura – Kisaran ini termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memiliki nilai kontrak Rp 4,5 Triliun, memiliki panjang ruas 47,75 KM,

dengan masa pelaksanaan dari Bulan Desember 2018 –Januari 2024. Selanjutnya, Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi 2 yang termasuk dalam paket pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempinomemiliki nilai kontrak sebesar Rp 1,18 Triliun, dengan panjang ruas 11,004 KM, dan memiliki masa pelaksanaan selama 415 hari dari Juni 2023 – Agustus 2024.

 

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menjelaskan bahwa jalan tol tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur Trans Sumatera. "Dengan adanya jalan tol, utamanya Trans Sumatera ini kita harapkan ada kecepatan dalam mobilitas orang, kecepatan dalam mobilitas barang, kecepatan dalam pengiriman distribusi logistik sehingga setiap daerah akan bisa bersaing dengan daerah di negara-negara lain karena persaingannya sekarang antar negara itu sangat ketat sekali," ungkap Presiden.

 

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan bahwa dengan peresmian Proyek Jalan Tol Ruas IndrapuraKisaran seksi 2 dan Proyek Bayung Lencir – Tempino maka secara resmi PTPP telah menyelesaikan Proyek Strategis Nasional pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera. “Peresmian proyek Jalan Tol Ruas Indrapura – Kisaran Seksi 2 merupakan lanjutan dari Proyek Jalan Tol ruas Indrapura –Limapuluh yang sebelumnya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di awal tahun 2024.

BACA JUGA: Medan Pertempuran Baru Menanti! Inilah Game Perang PC Terbaru Oktober 2024

Dengan adanya peresmian pada hari ini, maka PTPP telah menyelesaikan amanahnya dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam pembangunan infrastruktur Trans Sumatera yaitu pada Proyek Indrapura – Kisaran dan Proyek Bayung Lencir – Tempino dengan kualitas baik, sesuai target, dan mengutamakan aspek keselamatan,” tegas Novel. Saat ini, PTPP terus berkomitmen dalam menyelesaikan Proyek Strategis Nasional yang masih ongoing sesuai dengan target pelaksanaan. “Untuk proyek infrastruktur PSN lainnya yang masih dikerjakan oleh PTPP yaitu seperti Proyek Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Seksi 3, Jalan Tol Japek Selatan Paket 2 Seksi 2A, Jalan

Tol Semarang Demak Seksi 1B, dan Proyek Serang – Panimbang Seksi 3, pastinya akan terus dimonitor untuk dapat selesai dengan kualitas terbaik dan tepat waktu, sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia dan meningkatkan daya saing nasional,” tutup Novel.

Kategori :