Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat BBB+

Selasa 01-10-2024,12:28 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

JAKARTA, Radarseluma.Disway.Id,-Sovereign Credit Rating (SCR) Indonesia mendapatkan peringkat BBB+ dengan outlook positif dari Rating and Investment Information, Inc. (R&I).

 

BACA JUGA:106 Mitra Bulog Tercatat di Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan

BACA JUGA:Pjs Bupati Seluma Peduli Minat Baca Di Seluma

Peringkat ini, yang berada dua tingkat di atas status investment grade, memberikan pengakuan atas kinerja ekonomi Indonesia yang solid, dengan fundamental yang kuat, serta ketahanan eksternal yang terjaga.

 

Afirmasi peringkat juga mencerminkan kuatnya kepercayaan internasional terhadap makroekonomi Indonesia yang stabil, bahkan di tengah ketidakpastian ekonomi global di paruh pertama 2024.

Prospek jangka menengah Indonesia dipandang positif, dengan ekonomi yang diperkirakan tetap tumbuh kuat sekitar 5%, sebagaimana yang diproyeksikan oleh Bank Indonesia di kisaran 4,7% hingga 5,5%. Selain itu, inflasi diperkirakan tetap terkendali, didukung oleh kebijakan moneter yang akomodatif dan sinergi yang efektif antara Bank Indonesia dan Pemerintah dalam menjaga stabilitas harga melalui Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID).

 

Dalam hal ketahanan eksternal, defisit transaksi berjalan diperkirakan tetap rendah, sekitar 1,5% dari PDB, mencerminkan kemampuan Indonesia untuk mempertahankan posisi neraca pembayaran yang sehat.

Dari perspektif fiskal, Pemerintah berkomitmen untuk menjaga disiplin fiskal dengan mempertahankan defisit fiskal di bawah 3% dari PDB. Komitmen ini mencerminkan keinginan kuat Pemerintah untuk menjaga stabilitas fiskal di awal Pemerintahan baru, yang menjadi salah satu pilar utama dalam menjaga daya tarik investor asing terhadap Indonesia.

 

BACA JUGA: The Legendary Dusit Thani Bangkok, Reopens After a Landmark Rransformation

BACA JUGA:Dilantik Hari Ini, Annisa MA Mahesa Anggota DPR Termuda, Baru Umur 23 Tahun

Kategori :