Hasil Sawit Turun, Saat Panen Tiba Petani di Dahului Maling

Rabu 25-09-2024,17:39 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

 

SELUMA - Saat ini petani Sawit di Kabupaten Seluma mengalami trek atau hasil panen yang menurun. Namun bukan hanya itu saja selain hasil menurun gara-gara tidak berbuah, petani juga mengeluhkan seringnya hilang buah sawit diambil maling.

 

Seperti Di Daerah perkebunan sawit Desa Talang Tinggi Kecamatan Seluma Barat, belum lama ini sawit milik Deni Aliyansah Putra (29) mengeluhkan sawitnya sering hilang padahal buahnya mengalami penurunan hasil.

BACA JUGA: 2 Pria Miliki Sabu, Diamankan Polres Bengkulu Selatan

BACA JUGA:Batas Desember, Pelayanan Puskesmas Tais ke Gedung Public Safety Center

" Kalau kini menurun per kapling (2 hektare) paling tinggi 500 kg, buah sedikit dimaling juga. Bukan sekali ini saja terjadi sudah sering, namun buah yang diambil sekitaran 10 tandan kalau melihat dari bekas panenan" jelasnya.

 

Sementara itu, kebun sawit milik Edgar juga mengalami hal sama namun ditempat yang berbeda. Tepatnya di wilayah Purbosari Kecamatan Seluma Barat berbatasan langsung dengan PT sandabi. Dia menerangkan sawit miliknya juga sering sekali saat panen didahului maling.

 

" Sawit dikit sudah didahului maling, sebenarnya resah dengan kejadian ini. Akan tetapi mau melapor juga sawit yang hilang tidak seberapa, tapi kalau diposisi saat ini, memang buah sawit lagi turun terus hasilnya" ungkapnya. (ndo) 

Kategori :