Terkait Menteri Dari PKB, Cak Imin: Komposisi Kabinet Hak Presiden

Rabu 18-09-2024,15:15 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

 

 

radarseluma.disway.id, NASIONAL - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyampaikan perihal penting bahwa partainya menyerahkan sepenuhnya penentuan menteri dan komposisi kabinet kepada presiden terpilih Prabowo Subianto. 

 

Disampaikan Cak Imin, PKB tidak memiliki wewenang dalam menentukan jatah, komposisi, dan personalia kabinet Prabowo-Gibran.

 

"Soal kabinet, PKB sama sekali tidak punya kewenangan apapun. Mutlak itu prerogatif presiden," ujar Cak Imin di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, pada Rabu (18/9/2024).

BACA JUGA:Mengejutkan,Yaqut Cholil Qoumas Dikabarkan Dipecat Oleh PKB

BACA JUGA:RK Didampingi DP3APPKB, Rosdiana: Benar Salahnya Kita Dampingi

Cak Imin mengakui PKB memiliki tanggung jawab moral untuk memastikan pemerintahan Prabowo-Gibran dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Namun, ia menekankan PKB tidak berhak ikut campur dalam penentuan kabinet yang merupakan hak prerogatif presiden terpilih.

 

"Kita secara moral merasa bertanggung jawab untuk memastikan pemerintahan yang akan datang benar-benar bermanfaat, memberikan kemakmuran, kesejahteraan, dan keamanan. Namun, terkait kabinet, PKB tidak merasa perlu ikut campur dalam hak prerogatif presiden," jelas Cak Imin.

 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengonfirmasi adanya penambahan jumlah kementerian dalam kabinet Prabowo-Gibran. Menurut Muzani, jumlah kementerian yang baru akan dibahas oleh Prabowo bersama pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus, termasuk PKB.

 

Kategori :