Harga Kopi di Seluma Anjlok, Rp 48 ribu perkilogramnya! Ini Penyebabnya

Jumat 09-08-2024,20:25 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

 

 

radarseluma.com, SELUMA - Sempat melejit naik harga Kopi Robusta di Kabupaten Seluma turun drastis.

 

Jika sebelumnya harga kopi robusta mencapai Rp 70 ribu perkilo gramnya, saat ini harga kopi tinggal 48 ribu perkilo gramnya.

 

Anjloknya harga kopi robusta ini dibenarkan oleh salah satu toke kopi di Desa Padang Capo yang juga Anggota DPRD Seluma, Suhandi. Ia mengatakan anjloknya harga kopi sudah terjadi sekitar bulan lalu tepat 2 minggu lalu.

 

" Harga kopi sudah turun dari Rp 70 ribu perkilogramnya sekarang tinggal Rp 40 kilogramnya, ini sudah terjadi di Seluma sejak 2 minggu yang lalu," Kata Suhandi Toke kopi di Padang Capo.

 

Menurutnya, anjloknya harga kopi ini disebakan banyak para petani yang mengalami musim panen raya. Sehingga stok biji kopi membludak.

 

" Namanya hukum dagang ini berlaku, komoditi kopi saat ini melimpah itu salah satunya penyebabnya mengapa harga kopi bisa turun, kebetulan pada bulan ini juga bertepatan seluruh petani kopi saat ini sedang mengalami panen raya, " ujar Suhandi.

 

Sebelumnya diprediksi naiknya harga kopi akan terus bertahan hingga tahun depan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Bengkulu. Prediksi mengacu disebabkan komiditi petani kopi di Vietnam dan Brazil banyak mengalami kegagalan panen. Hanya saja kenaikan harga kopi tak bertahan lama seperti yang diprediksikan.

Kategori :