Penyajian Tarian Tradisonal Bengkulu Selatan, Jangan Sampai Salahi Aturan

Kamis 08-08-2024,12:10 WIB
Reporter : Muktar Ilyas
Editor : Jeffri Ginting

 

BENGKULU SELATAN, Radarseluma.Disway.Id,  - Tari Andun merupakan tarian tradisional khas masyarakat Bengkulu Selatan yang dilakukan pada saat upacara adat atau pesta pernikahan. Biasanya dilakukan oleh para bujang dan gadis secara berpasangan pada malam hari dengan iringan musik kelintang.

 

BACA JUGA:Game Sepak Bola PC Terbaik untuk Menggebrak Tahun 2024

BACA JUGA:Suka Bermain Lapangan Kecil? Berikut 5 Game Futsal Terbaik Rekomendasi Untuk Anda!

 

"Saya sangat mengapresiasi hadirnya tari tradisional daerah. Dengan harapan penyajian tarian-harian dari Bengkulu Selatan tidak menyalahi aturan dan tradisi yang telah lama di sajikan. Seperti tari Andun, tari Napa  dilakukan dua pasang sekali tari, berempat di laksanakan bersamaan,"pungkas Yusnan Gunadi (54) Warga kota Manna.

 

Ia menambahkan tari Andun adalah tari tradisional yang berasal dari Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu juga dilakukan pada saat upacara pernikahan atau pesta adat.

 

"Tari Andun dahulukalah juga digunakan sebagai ajang pencarian jodoh setelah selesai panen padi atau nunang padi,"pungkas Yusnan.

 

Sementara Bupati BS Gusnan Mulyadi,SE.MM menuturkan, bahwa dalam melestarikan seni budaya di Kabupaten Bengkulu Selatan, dapat dilaksanakan di setiap acara pesta perkawinan, setiap tahunnya, dan ini menjadi wadah untuk melestarikan seni budaya khususnya tarian tradisonal Bengkulu Selatan.

 

BACA JUGA:New Honda Brio RS Mobil Terlarus di Negara Indonesia Mobil Desain yang Kompak dan Memikat

Kategori :