Workshop UMKM, Memanfaatkan Media Untuk Pertumbuhan

Rabu 31-07-2024,21:14 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

 

Jakarta, Radarseluma.Disway.Id, - Sebagai salah satu sektor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memberikan kontribusi signifikan terhadap kebangkitan ekonomi bangsa ini. 

  BACA JUGA:Workshop UMKM, Memanfaatkan Media Untuk Pertumbuhan

BACA JUGA:Desa Tenangan Keterbatasan Jaringan Internet, Kinerja Pemdes Terhambat

Sebagai langkah lanjutan sejak Kick Off UMKM yang digelar pada Juni 2024 lalu, PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, dan bagian dari Astra Financial, menyelenggarakan UMKM Development Journey 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan menambah wawasan dalam bentuk workshop sebanyak 3 kali sepanjang 2024. Dan hari ini, Senin, 29 Juli 2024 merupakan workshop tahap pertama yang dilakukan. 

 

Kegiatan itu dihadiri oleh para pelaku UMKM Binaan FIFGROUP yang telah memperoleh bantuan Dana Bergulir. Kegiatan tersebut mengusung tema “Meningkatkan Keuangan dan Pemasaran Melalui Media Sosial”. Workshop yang menggunakan online platform webinar ini mendatangkan pemateri yang merupakan Best Trainer dari Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) 2023, Muhammad Ashar. 

 

Acara workshop dibuka dengan sambutan dari Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Management Department Head, Charles DW Simaremare. Charles mengatakan, “Untuk dapat tumbuh, UMKM sebaiknya membekali diri dengan berbagai macam wawasan agar usahanya tidak 'ketinggalan', terutama dengan pemahaman mendalam mengenai keuangan dan pemasaran melalui media sosial.” 

 

BACA JUGA:Ketua PT Sebut Hakim Jabatan Mulia, Jadi Tidak Lakukan Suap dan ke Cafe

Lanjut Charles, “Di era digital yang serba cepat ini, tantangan yang dihadapi UMKM semakin kompleks. Kehadiran media sosial telah mengubah lanskap bisnis, dan UMKM harus mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform digital ini untuk meningkatkan keuangan dan pemasaran mereka. Kegiatan workshop yang dilakukan hari ini merupakan upaya FIFGROUP dalam mendukung UMKM untuk dapat naik kelas dan menjadi UMKM yang terus dapat berkembang di tengah tantangan digital.” 

 

Muhammad Ashar selaku pemateri memberikan banyak ilmu dan wawasan luas kepada seluruh peserta UMKM mengenai materi-materi dasar dari membangun usaha serta bagaimana meningkatkan pendapatannya melalui media sosial.  

Kategori :