Hama Tikus Buat Petani Padi Kerepotan,Solusinya????

Kamis 11-07-2024,20:12 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

 

 

SELUMA - Petani Padi Kabupaten Seluma tepatnya di BS 12, Desa Air Latak Kecamatan Seluma Barat mengeluhkan serangan hama pada tanaman padi. Dikatakan Salah seorang petani Padi Robi (37) saat ini lahan sawahnya lagi diserang oleh hama wereng,pinding, ulat, monyet, dan tikus. Dirinya sangat kewalahan dalam mengahadapi hama yang menyerang tanaman padi miliknya. Disampaikannya apabila tidak dijaga dan dikontrol tanaman padi miliknya terancam gagal panen karena hama monyet dan tikus.

 

 

" Kalau hama lumayan merepotkan, apalagi monyet dan tikus. Kalau untuk ulat, pinding serta hama wereng memang biasa kalau di tanaman padi" jelasnya, Kamis (11/7).

BACA JUGA:Keluhan Mahasiswa KKN di Air Latak Jadi Viral, Kades Tersudut, Begini Tanggapan Kades

BACA JUGA:Pajero Sport Mobil SUV Handal Berteknologi Tinggi Fitur Sistem Canggih Desain yang Memikat dan Populer

Dilanjutkannya, penanganan efektif pada tanaman padi miliknya dengan terus melakukan penjagaan ekstra, apalagi kalau padi sudah mendekati masa panen. Ia mengeluhkan serangan hama ini bisa menghambat dan mengancam gagal panen apabila lokasi persawahan tidak dijaga dan dikontrol.

 

" Ia kalau tidak dijaga bisa saja mengancam gagal panen, kini yang kita lakukan menjaga dan mengusir hama-hama yang menyerang sawah. Kalau tikus itu yang sangat buat jengkel karena hewan ini mengendap di tanaman padi dan memakan padi" lanjutnya.

 

Sementara itu, dirinya mengakui yang paling merugikan saat musim tanam kali ini yaitu hama tikus.

 

" Kalau yang lain sama hama juga, tapi tikus ini yang paling banyak" jelasnya.(ndo) 

Kategori :