Kopi Vietnam Sedang Naik Daun, Legenda Trung Nguyen

Selasa 14-05-2024,22:37 WIB
Reporter : radarseluma
Editor : Radar Seluma

Menurut data Asosiasi Kopi Vietnam, pada kuartal pertama tahun 2024, Vietnam mengekspor 579.449 ton kopi, menghasilkan sekitar $1,9 miliar. Produksi meningkat sebesar 4,9 persen dan nilainya melonjak sebesar 57,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, didorong oleh tingginya harga ekspor.

 

Preferensi konsumsi kopi masyarakat UE sedang berubah, dan perjanjian perdagangan bebas bilateral EVFTA meningkatkan nilai industri kopi Vietnam dan memfasilitasi perluasan pangsa pasarnya di UE. Selain itu, pasar lain, termasuk Jepang, meningkatkan impor kopi Vietnam.

 

“Dari analisis di atas, industri kopi Vietnam mendapat manfaat dari pergeseran preferensi konsumsi kopi global ke kopi Robusta,” ujar Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam.

 

BACA JUGA: Toyota Inova Laka Tunggal di Bengkulu Selatan, Warga Kota Bengkulu Meninggal! Mobil Nopol Sumsel

EKSPANSI KOPI TRUNG NGUYEN

 

Saat membuat film dokumenter tentang kopi Vietnam, “The Tao of Coffee,” Warner Bros. Discovery mencatat: “Vietnam menyediakan lebih dari separuh pasokan kopi Robusta global, terutama ditanam di Buon Ma Thuot, provinsi Dak Lak, yang menyumbang lebih dari 30 persen dari total produksi kopi negara tersebut. Sejak tahun 1980an, pemerintah Vietnam telah menerapkan serangkaian program produksi kopi untuk membantu meningkatkan perekonomian.”

 

Trung Nguyen Legend adalah merek kopi terkemuka di Vietnam, yang berdedikasi untuk mempromosikan kopi Vietnam dan budayanya kepada dunia.

 

Ditampilkan dalam film produksi Discovery ini, Trung Nguyen Legend dipuji oleh studio film terkenal di dunia sebagai "perusahaan unik yang memimpin revolusi kafein di Vietnam, mengubah kopi dari minuman sederhana menjadi gaya hidup" . Hal ini juga menawarkan gambaran lebih dekat ke dalam fasilitas produksi yang dilengkapi dengan teknologi Barat tercanggih yang dipadukan dengan metode pemrosesan tradisional Timur.

 

Vietnam telah mengembangkan strategi kebijakan dan komunikasi yang komprehensif yang bertujuan untuk membangun budaya kopi Vietnam yang kuat. Landasan ini diharapkan dapat meningkatkan ekspor kopi Vietnam hingga mencapai miliaran dolar AS per tahun, memberikan kontribusi terhadap perekonomian agregat dan meningkatkan posisi negara tersebut secara global.

Kategori :