Kisah Sabar Nabi Ayyub AS Dalam Menghadapi Ujian

Selasa 31-10-2023,15:23 WIB
Reporter : editor5131radarseluma2
Editor : editor5131radarseluma2

Untuk menguji kesabaran Nabi Ayyub AS dan ingin membuktikan kepada Iblis bahwa Nabi Ayyub AS taat sabar dan bertaqwa bukan hanya karena Nabi Ayyub AS memiliki kenikmatan yang melimpah kekayaan, anak istri yang Sholeh dan Sholeha akhirnya Allah SWT mencabut semua nikmat yang ada terhadap Nabi Ayyub AS.

 

Allah timpakan kepada Nabi Ayyub AS penyakit kulit di sekujur tubuhnya.

 

Nabi Ayyub yang terkenal dengan ketampanan dan rupawan kali ini Nabi Ayyub AS Allah timpakan sebuah penyakit kulit Kusta sehingga sekujur tubuh nya 

Badannya yang semula sehat, segar, dan bugar Allah angkat dengan menimpakan tubuh yang sangat lemah karena penyakit itu. 

Saking lemahnya, dikisahkan Nabi Ayyub sampai tidak sanggup berjalan sendiri untuk buang hajat ke kamar mandi, sehingga istri beliau harus menemani.

Tak hanya itu putra-putri beliau semua nya meninggal dunia harta bendanya Allah ambil kembali sehingga Nabi Ayyub AS dari orang yang kaya raya menjadi orang yang paling termiskin di dunia selain itu Nabi Ayyub AS memilih mengasingkan diri di suatu tempat jauh dari pemukiman penduduk namun hanya istri tercinta yang selalu setia menemani dan dua orang sahabatnya yang yang sering mengunjungi kejadian tersebut berlangsung hingga 18 tahun.

 

Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Anas bin Malik tentang berapa lama waktu Nabi Ayyub menjalani ujian ini yang artinya:

 

“Sesungguhnya Nabiyullah Ayyub ‘alaihissalam berada dalam ujiannya selama delapan belas tahun. Baik keluarga dekat maupun keluarga jauh menolaknya kecuali dua orang laki-laki dari saudara-saudaranya. Kedua saudara itulah yang selalu memberinya makan dan menemuinya.”

 

Namun meskipun sudah di landa penyakit hingga bertahun-tahun Nabi Ayyub menolak ketika sang istri menyarankan agar Nabi Ayyub meminta pertongan kepada Allah SWT dan merasa malu kepada Allah jika meminta sebab 70 tahun hidup yang telah ia lalui bergelimang kenikmatan yang sangat luar biasa mengapa baru beberapa tahun Allah timpakan penyakit harus meminta Allah cabut penyakit tersebut

 

Karena kesabaran Nabi Ayyub yang luar biasa saat menjalani ujian tersebut, Allah pun menunjukkan jalan keluar. 

Kategori :