Kisah Sabar Nabi Ayyub AS Dalam Menghadapi Ujian

Selasa 31-10-2023,15:23 WIB
Reporter : editor5131radarseluma2
Editor : editor5131radarseluma2

 

“Sosok Penyabar dan Penuh Rasa Syukur Nabi Ayyub a.s. mempunyai keturunan dan rezeki yang melimpah. Ia selalu bersyukur dan tekun beribadah. 

Hal itu membuat Iblis iri dan Iblis akhirnya meminta izin kepada Allah SWT untuk menggoda keimanan Nabi Ayyub AS

 

Allah menceritakan tentang ujian yang diberikan kepada Ayyub dan bagaimana beliau bersabar menghadapinya. Sebagaimana firman Allah dalam Surah Sad ayat 41—44:

 

{وَاذْكُرْ عَبْدَنَا أَيُّوبَ إِذْ نَادَى رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الشَّيْطَانُ بِنُصْبٍ وَعَذَابٍ (41) ارْكُضْ بِرِجْلِكَ هَذَا مُغْتَسَلٌ بَارِدٌ وَشَرَابٌ (42) وَوَهَبْنَا لَهُ أَهْلَهُ وَمِثْلَهُمْ مَعَهُمْ رَحْمَةً مِنَّا وَذِكْرَى لأولِي الألْبَابِ (43) وَخُذْ بِيَدِكَ ضِغْثًا فَاضْرِبْ بِهِ وَلا تَحْنَثْ إِنَّا وَجَدْنَاهُ صَابِرًا نِعْمَ الْعَبْدُ إِنَّهُ أَوَّابٌ (44

Artinya:

“Dan ingatlah akan hamba Kami Ayyub ketika dia menyeru Tuhannya, ‘Sesungguhnya aku diganggu setan dengan penderitaan dan bencana.’ Allah berfirman, ‘Hentakkanlah kakimu; inilah air sejuk untuk mandi dan untuk minum.’

 

BACA JUGA:10 Mobil Mewah Sport Jenis BMW Terlaris di Pasar Otomotif

 

Dan Kami anugerahi dia (dengan mengumpulkan kembali) keluarganya dan Kami lipat gandakan jumlah mereka, sebagai rahmat dari Kami dan pelajaran bagi orang-orang yang berpikiran sehat.

 

Dan ambillah seikat (rumput) dengan tanganmu, lalu pukullah dengan itu dan janganlah engkau melanggar sumpah. Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. Dialah sebaik-baik hamba. Sungguh, dia sangat taat (kepada Allah).”

 

Kategori :