4 Keutamaan Salat Ashar, Salah Satunya Semua Malaikat Turun Menyaksikan

Sabtu 07-10-2023,18:43 WIB
Reporter : editor5131radarseluma2
Editor : editor5131radarseluma2

 
Kajian Islam, Radar Seluma.Disway.id -Sholat sebuah ibadah yang paling istimewa dan ibadah penentu semua amalan, bila baik dan diterima Sholatnya maka seluruh amalan lain akan ikut diterima akan tetapi ditolak Sholatnya maka Niscahaya semua amalan lain pun akan di tolak.
Perintah Sholat Nabi Muhammad SAW langsung menjemput ke langit ke tujuh langsung dari Allah SWT saat Isra Mi'raj.
 
 
Sholat lima waktu sehari semalam ada 5 waktu yaitu Isa 4 rakaat, Subuh 2 rakaat, Dzuhur 4 rakat, Asar 4 rakaat dan Magrib 3 rakaat. Kali ini Radarseluma.disway.id akan mengupas keutamaan Sholat Asar dalam Kajian Islam salah satunya para malaikat turun menyaksikan hamba-hamba Allah yang sedang menunaikan Sholat Asar tentunya para malaikat tidak hanya melihat namun para malaikat mendengar setiap hajat dan doa para hamba Allah dengan demikian tentulah secara logika para malaikat ikut mengaminkan setiap doa hamba-hamba Allah yang sedang berdoa tersebut.
 
 
Waktu Sholat Ashar termasuk salah satu waktu yang istimewa. 
Menurut sejumlah hadits, para Malaikat penjaga siang dan malam akan silih berganti turun ke bumi pada waktu ini.
Sebagaimana di jelaskan hadist Bukhori dan Muslim. 
Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
 
"Malaikat yang bertugas di malam hari dan yang bertugas di siang hari datang bergantian kepada kalian. Mereka berkumpul pada waktu dikerjakannya salat Subuh dan salat Ashar. Malaikat yang semula berada pada kalian, lalu naik ke langit dan selanjutnya Rabb mereka menanyai mereka,--sementara Dia lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya)--: 'Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku ketika kalian tinggalkan?' Para malaikat menjawab: 'Kami meninggalkan mereka, sedang mereka tengah mengerjakan salat dan kami mendatangi mereka, sedang mereka juga tengah mengerjakan sholat.'" (HR Bukhari dan Muslim)
 
Dengan menunjukan Sholat Asar tepat waktu maka Allah jamin masuk Surga sebagaimana sebuah hadist menjelaskan 
Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:
 
"Orang yang mengerjakan salat Subuh dan Ashar tepat pada waktunya, dia pasti masuk surga." (HR Bukhari dalam Kitab Waktu Salat)
 
Berikut beberapa keutamaan Sholat Asar
 
Pertama:
Termasuk shalat wustha
 
Shalat Ashar adalah Sholat wustha, Allah telah memberikan penegasan agar shalat ini benar-benar dijaga dan dilaksanakan secara khusyuk karena Allah SWT telah berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 238 berbunyi:
 
حَافِظُوْا عَلَى الصَّلَوٰتِ وَالصَّلٰوةِ الْوُسْطٰى وَقُوْمُوْا لِلّٰهِ قٰنِتِيْنَ
Artinya:
Pelihara lah semua Sholat dan Sholat Wustha. Dan laksanakan lah (sholat) karena Allah dengan khusyuk. (Al-Baqarah: 238)
 
Kedua:
Malaikat berkumpul pada waktu shalat Ashar
 
Keutamaan kedua dalam menunaikan Sholat Asar bahwa para malaikat berkumpul dan turun menyaksikan hamba-hamba Allah yang menunaikan Sholat Asar 
Sebagaimana di jelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
 
"Di tengah-tengah kalian ada malaikat malam dan malaikat siang yang saling bergantian, mereka berkumpul ketika shalat subuh dan shalat Ashar. Kemudian Para Malaikat yang bermalam di tengah-tengah kalian naik dan Rabb mereka bertanya kepada mereka dan Dialah yang paling tahu terhadap mereka, "Bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?" Mereka menjawab, "Kami meninggalkan mereka dalam keadaan Sholat, dan kami datangi mereka juga dalam keadaan Sholat." (HR. Bukhari)
 
Ketiga:
Allah Jamin Masuk Kedalam SurgaNya 
 
Barang siapa yang menunaikan Sholat Asar secara rutin dengan penuh keimanan dan keikhlasan maka Allah jamin masuk kedalam Surga
Sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Musa Al- Asy'ari, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
 
"Barangsiapa mengerjakan Sholat pada dua waktu dingin, maka ia akan masuk surga." (HR. Bukhari)
 
Yang dimaksud pada 2 waktu dingi keterangan dalam hadist tersebut yaitu di waktu Subuh dan Asar.
 
Ke Empat:
Wasiat Rasulullah SAW 
 
Sholat Asar berwasiat untuk tidak meninggalkan Sholat Ashar
Rasulullah SAW telah menerangkan kepada umatnya agar tidak keberatan dalam melakukan Sholat sebelum matahari terbit yaitu Sholat di waktu Ashar. 
 
Jarir bin Abdullah berkata:
 
"Suatu hari, kami duduk-duduk di sisi Nabi SAW. 
Tiba-tiba Nabi Muhammad SAW melihat bulan purnama, lalu bersabda, 
"Sungguh kalian akan melihat Rabb kalian seperti kalian melihat bulan ini. Kalian tidak akan samar melihat-Nya. Karena itu, jika kalian bisa, jangan sampai kalian keberatan dalam melakukan Sholat sebelum matahari terbit dan sebelum matahari terbenam, yakni Shilat Ashar dan shalat Shubuh." Kemudian Jarir membaca, "Dan bertasbihlah dengan menuju Rabbmu, sebelum matahari terbit dan sebelum terbenam." (Thaha: 130)." (HR. Bukhari)
 
 
Itulah 4 Keutamaan Sholat Asar dari sekian banyak keutamaan yang lain yang dapat Radarseluma.disway.id jelaskan dalam Kajian Islam kali ini mudah-mudahan bermanfaat dan menambah semangat dan motivasi untuk lebih giat dan khusuk melaksanakan Sholat Asar. (djl)
 

Tags : #keutamaan shalat #kajian islam #ibadah
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini