218 Honorer DLHK BS Serentak Dirumahkan

Rabu 14-12-2022,08:08 WIB
Reporter : admin5131radarseluma1
Editor : admin5131radarseluma1

 

BENGKULU SELATAN, RADARSELUMAONLINE.COM - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) BS akan merumahkan ratusan honorer. Dan akan evaluasi kinerja seluruh tenaga honorer seperti, penyapu jalan, penjaga taman dan kru pengangkut sampah. Ratusan petugas kebersihan ini akan dirumahkan terhitung 31 Desember 2022. 

 

Kepala DLHK BS Haroni, SP mengaku rumahkan  ratusan honorer. Surat Keputusan (SK) Penugasan tenaga kebersihan ini sengaja dilakukan pencabutan untuk evaluasi kinerja. 

 

"Untuk total honorer tenaga kebersihan di DLHK BS ada 218 orang. Rincian, 198 tenaga kebersihan termasuk penyapu jalan dan 20 kru angkutan sampah,"ungkap Haroni.

 

Dikatakan Haroni, honorer dianggap memiliki kinerja baik, maka seluruh tenaga honorer kebersihan akan kembali direkrut pada 2023.

 

"Ya, tidak menutup kemungkinan potensi honor baru yang akan direkrut sebagai petugas kebersihan,"ucap Haroni.

 

Selain itu, inti evaluasi tenaga honorer kebersihan untuk meningkatkan kualitas tim kebersihan serta membangun wilayah BS yang bersih dan asri. 

 

"Kita akui tenaga kontrak petugas kebersihan yang lama memang masih bisa dipertahankan tahun depan karena memang anggaran penggajiannya masih ada. Namun semuanya tidak langsung dipekerjakan. Ada proses evaluasi dan raport kinerja. Yang memang tidak maksimal bertugas, akan langsung diganti dengan yang lebih serius,"papar Haroni.

 

Untuk diketahui, sambung Haroni keberadaan petugas kebersihan selama ini berpengaruh besar terhadap pengelolaan lingkungan. Terutama untuk menjaga kebersihan kawasan perkotaan yang menjadi wajah daerah.

 

"Evaluasi tenaga kebersihan  dilakukan dalam satu hari.  Terkait penggajian tenaga honor kebersihan di siapkan dana Rp 2,1 Miliar. Para petugas kebersihan diberi beban tugas menyapu jalan selama dua kali sehari. Yakni, jam kerja pagi mulai pukul 06.00 WIB dan jam kerja sore mulai pukul 16.30 WIB. Setiap petugas kebersihan menyapu halaman dan pinggir jalan raya sepanjang 50 meter kiri dan kana,"papar Haroni.(yes)

 

Kategori :