Harga TBS Sawit di Seluma Stagnan, Potongan Lebih Besar

Selasa 09-08-2022,18:27 WIB
Reporter : admin5131radarseluma
Editor : admin5131radarseluma

 
 
 
SELUMA SELATAN - Harga Tandan Buah Seger (TBS) Sawit di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di wilayah Kabupaten Seluma. Hingga saat ini masih stagnan, dengan harga tertinggi hanya mencapai Rp 1435 per kilogramnya. Harga tersebut telah berlangsung sejak dua minggu terakhir ini. Atau sejak Pemerintah Provinsi Bengkulu menetapkan harga terendah TBS Rp 1400 per kilogramnya.
 
Walaupun diketahui jika masih ada pabrik yang mengikuti harga TBS sawit diangka Rp 1435 per kilogramnya. Namun terjadi petongan yang cukup besar di kalangan para toke atau pengepul.
 
Dari data yang terhimpun, untuk harga TBS sawit di PT Agro Indo Persada (AIP) yang berada di Desa Tumbuaan, Kecamatan Lubuk Sandi per tanggal 1 Agustus mencapai Rp 1435 per kilogramnya atau naik 50 rupiah. Untuk harga TBS sawit di PT Bengkulu Sawit Lestari (BSL) II yang berada di Desa Air Teras, Kecamatan Seluma Timur sejak tanggal 23 Juli kisaran Rp 1090 per kilogramnya.
 
Sedangkan untuk pabrik kelapa sawit PT CSL sejak tanggal 30 Juli mencapai Rp 1330 per kilogram atau naik 40 rupiah. Selain itu, untuk PT Agri Andalas sejak tanggal 25 Juli Rp 1.109 per kilogramnya.
 
Terkait dengan hal tersebut, salah satu toke atau pengepul di Kecamatan Seluma Selatan, Nizon mengatakan, jika untuk harga tidak ada perubahan dari dua minggu lalu masih stagnan.
 
"Memang ada yang harga naik sesuai penetapan provinsi, tetapi potongan juga besar," sampainya.
 
Dijelaskannya, jika untuk potongan bisa mencapai 7 persen setiap TBS yang diterima pabrik. Kemudian pemotongan juga melihat dari kualitas buah. Seperti kualitas buah yang dikirimkan oleh para pengepul ke setiap pabrik. Nantinya akan dilihat oleh pihak pabrik terkait dengan kualitas sawit.
 
"Potongan setiap pabrik ada dan tergantung harga yang ditetapkan. Jika harga sesuai ditetapkan provinsi potongan juga besar. Selain itu  kualitas juga menjadi penentu," ujarnya.
 
Dirinya juga mengatakan, dengan harga yang telah ditetapkan oleh PKS. Maka para toke bisa membeli TBS dari petani dari harga Rp 1000 per kilogram sampai Rp 1200 per kilogram. Karena hanya mencari untung selisi dari harga yang ada. Harga ditingkat toke juga berbeda-beda tergantung dengan dimana toke tersebut menjual TBS sawit.
 
"Kalau mereka mengantar langsung ke gudang, bisa tertinggi Rp 1200. Tetapi jika dijemput dibawahnya," pungkasnya.(ctr)
 
 
 
Balas Teruskan
 
 
 
   
 
 
     
Tags : #tbs #sawit #potongan sawit #harga sawit
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini