Strategi Sukses Implementasi CRM: Tahapan, Tips, dan Tools
Tools dan Platform CRM Terbaik--
Pemahaman menyeluruh terhadap kebutuhan perusahaan serta tantangan yang dihadapi adalah langkah pertama dan yang utama. Hal ini dikarenakan perusahaan memiliki prioritas yang berbeda. Sehingga, penting untuk melibatkan berbagai departemen dalam mengidentifikasi masalah yang ada dan ekspektasi setelah implementasi CRM berjalan.
Prosesnya dapat dimulai dengan melakukan pemeriksaan internal terhadap proses yang sudah ada. Apakah alur kerja penjualan saat ini sudah berjalan dengan baik? Adakah kendala yang sering terjadi pada proses tertentu? Adanya evaluasi tersebut dapat menjadi dasar bagi perusahaan dalam memilih fitur dan modul CRM yang relevan.
2. Memilih platform CRM yang tepat untuk pertumbuhan bisnis
Setelah kebutuhan internal teridentifikasi secara menyeluruh, maka langkah selanjutnya yaitu memilih platform CRM yang sesuai. Karena saat ini tersedia banyak pilihan platform CRM populer, pilihlah salah satu yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dan mampu berkembang seiring perusahaan bertumbuh.
Mulai dengan mencoba fitur demo gratis yang disediakan. Dalam proses percobaan, libatkan tim teknis dan pengguna dalam proses pemilihan platform, sehingga sistem yang dipilih dapat berfungsi secara optimal.
3. Persiapkan dan lakukan migrasi data
Seperti yang telah disebutkan di awal artikel, pelanggan adalah aset utama, begitu pun dengan peranan data dalam sistem CRM. Oleh karena itu, proses migrasi data harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh ketelitian.
Pastikan data lama yang akan dipindah bebas dari duplikasi dan data yang tidak relevan. Dalam prosesnya, tim operasional harus menentukan jenis data apa saja yang akan dimigrasikan, bagaimana struktur penyimpanannya, serta cara menjaga keamanannya selama proses berlangsung.
BACA JUGA:Harga Emas Antam Hari Ini Naik Rp14.000, Jadi Rp1,938 Juta per Gram
Sumber: