Tumbuh Bersama CSR Elnusa Petrofin, Inovasi UMKM Tempoyak Jambi “Aksena Snack” Hasilkan Jutaan Rupiah Perbulan

Tumbuh Bersama CSR Elnusa Petrofin, Inovasi UMKM Tempoyak Jambi “Aksena Snack” Hasilkan Jutaan Rupiah Perbulan

UMKM yang berdaya--

“Awalnya hanya coba-coba, karena kan selama ini orang susah kalau mau bawa tempoyak untuk perjalanan jauh. Tapi setelah diolah menjadi makanan ringan seperti ini orang akan dengan mudah menikmati tempoyak.” ujar Thiur Maita Lubis, pemilik Aksena Snack.

Dengan rata-rata omzet mencapai Rp10 juta setiap bulan, usaha ini tak hanya memberikan dampak ekonomi, namun juga sosial. Kegiatan produksi Aksena Snack membuka peluang kerja bagi ibu-ibu sekitar, membangun solidaritas komunitas, dan menumbuhkan semangat kewirausahaan lokal.

 

Kegiatan ini telah mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals), khususnya poin 1 (Tanpa Kemiskinan), 5 (Kesetaraan Gender), dan 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi).

 

BACA JUGA:Infonya Anggaran DL Dewan Seluma di Perkada Hanya Rp4 Miliar

“Setelah bergabung dalam program CSR Elnusa Petrofin, saya mulai belajar branding, pengemasan, hingga cara pemasaran. Sekarang Aksena bisa masuk ke 12 toko oleh-oleh di Jambi dan warung sekitar. Saya bersyukur bisa berbagi ilmu juga keibu-ibu PKK di sekitar rumah,” Ucap Thiur.

 

Menurut Putriarsa Bagus Wibowo, Manager Communication & Relation PT Elnusa Petrofin, Aksena Snack adalah cerminan dari misi perusahaan dalam memastikan pertumbuhan berkelanjutan bagi perusahaan, karyawan dan stakeholder lainnya. “Kami percaya bahwa pemberdayaan ekonomi keluarga adalah fondasi pembangunan masyarakat.

 

Aksena Snack adalah salah satu contoh konkret bagaimana inovasi, dukungan pelatihan, dan jejaring pasar dapat mengangkat UMKM lokal menjadi lebih berdaya. Ini adalah wujud nyata dari pilar CSR kami, yaitu #PetrofinPintar, yang berfokus pada edukasi dan peningkatan kapasitas masyarakat di sekitar wilayah operasi kami,” ujarnya.

 

Program UMKM Academy sendiri merupakan bagian dari strategi tanggung jawab sosial perusahaan yang telah dijalankan di berbagai daerah dari Sabang hingga Merauke, menyasar kelompok rentan, komunitas ibu rumah tangga, serta pelaku UMKM pemula.

 

BACA JUGA: Stok Pangan di Seluma Dipastikan Aman, Panen Padi Awal Tahun 2025 di Seluma Capai 3.152 Ton

Sumber:

Berita Terkait